UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PASING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TAGANGSER LAOK 2 KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ACHMAD ZAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0376

Abstract

ABSTRAK Achmad Zaini : Upaya Meningkatkan Kemampuan pasing Bawah Permaianan bola Voli dengan Metode Demontrasi pada siswa kelas V SD Negeri Tagangser Laok 2 Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci : pasing bawah permainan bola voli ,Pemahaman Siswa Kegiatan olahraga yang dilakukan secara baik dan benar memiliki dampak positif dalam perkembangan siswa baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Karena kegiatan olahraga selain memberi manfaat kesehatan fisik juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan sosialisasi siswa di berbagai bidang.Berbagai kejuaraan olahraga baik yang diselenggarakan di daerah maupun di ibukota selalu dPenjaskesdati oleh penonton, misalnya liga sepak bola Indonesia (Liga Djarum). Para seporter masing – masing kesebelasan memberikan dukungan moril maupun materiil kepada kesebelasan kesayangannya. Tak hanya sepak bola cabang olah raga yang lain seperti badminton, bola voli, basket, tenis lapangan dan tenis meja juga semarak di berbagai penjuru tanah air. Dalam penelitian ini mengambil lokasi di Kelas V SD Negeri Tagangser Laok 2 Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan dilaksanakan pada semester genapTahun ajaran 2015-2016 dengan rentang waktu selama 1 bulan. Penelitian ini akan dilaksanakan di Kelas V SD Negeri Tagangser Laok 2 Kecamatan Waru . Adapun subyek penelitiannya adalah siswa kelas 5 yang terdiri dari 20 siswa terdiri dari 11 Laki-laki dan 9 Perempuan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, penulis melakukan perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Penjas dengan menggunakan pendekatan pembelajr Bola Modifikasi Keterampilan Servis Bola Voli di Kelas V SD Negeri Tagangser Laok 2 Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu perhatian siswa akan terfokus pada pelajaran jika guru menyajikannya menggunakan pendekatan yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajardan aktifitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata tes formatif , pada mata pelajaran Penjaskesrek di Kelas V SD Negeri Tagangser Laok 2 Kecamatan Waru Pamekasan diperoleh nilai siklus I = 63.50 dan siklus II = 76.00, terlihat ada peningkatan yang signifikan dari setiap siklusnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI