Upaya meningkatkan hasil belajar lari Sprint 60M melalui permainan hitam putih pada siswa kls IV SDN Bulangan Haji I Pagentenan Kab. Pamekasan


Author (Penulis)

CHAIRUS SJADIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0372

Abstract

ABSTRAK Chairus Sjadik:Upaya Meningkatkan Hasil lari sprint 60 meter melalui permainan hitam hijau pada siswa Kelas IV SD Negeri Bulangan haji 1 Kecamatan Pagantenan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci : Hasil belajar, lari sprint, permainan hitam hijau. Pembelajaran lari Sprint siswa kelas IV SD Negeri Bulangan haji 1, Kecamatan pegantenan, Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016, banyak mengalami permasalahan yang timbul dalam pembelajaran dengan hasil pembelajaran siswa yang kurang dari nilai rata-rata dibawah nilai KKM 75 yang telah ditentukan guru.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan bermain melalui permainan hitam hijau. Apakah ada peningkatan hasil belajar lari sprint melalui permainan hitam hijau, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lari sprintmelalui permainan hitam hijau pada siswa kelas IV SD Negeri Bulangan haji 1 Kecamatan pegantenan, Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Class Action Research), tindakan dalam penelitian ini dibagi dalam dua siklus, dalam tiap siklus menunjukan perkembangan proses pembelajaran jasmani pada materi lari sprint. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bulangan haji 1pada semester II tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 19 siswa terdiri atas 14 siswa putra dan 5 siswa putri. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah lembar pengamatan, dan tes unjuk kerja siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang meliputi ranah afektif, kognitif, dan psikomotor. Data penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran lari sprint melalui penerapan permainan hitam hijau dapat menciptakan pembelajaran lebih aktif, siswa antusias mengikuti pembelajaran dan senang dalam melakukan tugas gerak yang diberikan guru sehingga keterampilan gerak siswa dan penguasaan materi lari sprint meningkat sehingga nilai hasil belajar lari sprint yang diperoleh siswa juga meningkat dari kondisi awal persentase siswa yang nilainya mencapai KKM 75 sebesar 40% atau 19 anak dari jumlah keseluruhan siswa, pada tindakan siklus pertama persentase siswa yang nilainya mencapai KKM mencapai 70% atau sebanyak 12 siswa kemudian pada siklus kedua persentase ketuntasan belajar mencapai 86% atau sebanyak 19 siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan hitam hijau pada materi pembelajaran lari sprint dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri Bulangan haji 1 Kecamatan pegantenan Kabupaten Pamekasan. Penulis memberi saran bagi guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan materi, menyampaikan materi, sehingga kualitas pembelajaran yang dilakukan dapatmeningkat sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI