PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN DAN LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA PUTRA KELAS IV SDN LADEN 1 PAMEKASAN


Author (Penulis)

R. Kamyulisiya
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0371p

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh pendekatan bermain dan latihan servis bawah terhadap hasil belajar servis bawah pada siswa putra kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan. (2). pendekatan pembelajaran yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan servis bawah bolavoli pada siswa putra kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan di atas adalah eksperimen. Penelitian dilaksanakan di lapangan olahraga SDN Laden 1 Pamekasan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan yang berjumlah 30 siswa dikelompokkan berdasarkan Ordinal Pairing berdasarkan rangking. Perlakuan diberikan 3x seminggu selama 6 minggu dan dilaksanakan bertahap sesuai dengan program yang telah ditentukan. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan pengukuran, teknik analisis data dengan analisis statistik menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5%. Untuk memenuhi asumsi hasil penelitian dilakukan uji persyaratan analisis yang terdiri dari, uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara pembelajaran servis bawah bolavoli dengan pendekatan bermain dan pendekatan latihan terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli pada siswa putra kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan, (thitung = 2.569 > ttabel = 2.145). (2). Pembelajaran servis bawah bolavoli dengan pendekatan bermain memiliki pengaruh yang lebih baik dari pada pembelajaran servis bawah bolavoli dengan pendekatan latihan terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli pada siswa putra kelas IV SDN Laden 1 Pamekasan. Peningkatan servis bawah bolavoli kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan servis bawah bolavoli dengan metode bermain) = 100.704% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan pembelajaran servis bawah bolavoli dengan pendekatan latihan) = 82.857 %. Kata Kunci : Teknik dasar lari, lari, media, audio visual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI