PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI DENGAN PENDEKATAN MODIFIKASI


Author (Penulis)

Suhartono
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0363P

Abstract

PENGARUH METODE MENGAJAR DAN KELINCAHAN TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SEPAKBOLA PADA SISWA PUTRA KELAS VI SD NEGERI PROPPO 1 PAMEKASAN. Skripsi. Kediri: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Nusantara PGRI Kediri, April 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan pengaruh metode mengajar antara yang menggunakan gaya komando dengan gaya latihan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola pada siswa putra Kelas VI SD Negeri Proppo 1 Pamekasan. (2) Perbedaan pengaruh kelincahan tinggi dan kelincahan rendah terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola pada siswa putra Kelas VI SD Negeri Proppo 1 Pamekasan. (3) Interaksi antara metode mengajar dan kelincahan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola pada siswa putra Kelas VI SD Negeri Proppo 1 Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas adalah eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Proppo 1 Pamekasan. Sampel diambil sebanyak 40 siswa dari populasi sebanyak 74 siswa secara purposive stratified random sampling, yang dikelompokan ke dalam empat sel, sesuai dengan rancangan penelitian. Pelaksanaan perlakuan ( treatment ) diberikan selama 6 minggu dan dilaksanakan secara bertahap dengan mengerjakan program pembelajaran yang telah ditentukan. Data penelitian dikumpulkan dengan tes dan pengukuran. Data kelincahan siswa yang diukur dengan LSU Agility Obstacle Course digunakan sebagai dasar klasifikasi kelincahan tinggi dan kelincahan rendah. Data keterampilan teknik dasar sepakbola diambil dengan Yeagley Soccer Battery Test. Data dianalisis dengan teknik statistik Anava dua faktor dan uji Newman-Keuls Pasca Anava. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagau berikut : (1) Ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran teknik dasar sepakbola menggunakan gaya komando dengan menggunakan gaya latihan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, dengan F? = 7,82 > Ft = 4,08. Pengaruh metode mengajar menggunakan gaya latihan lebih baik daripada menggunakan gaya komando, dengan nilai peningkatan masing – masing adalah 5175,765 dan 2102,731. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelincahan tinggi dengan kelincahan rendah terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, dengan F? = 9,51 > Ft = 4,08 . Peningkatan keterampilan teknik dasar sepakbola pada siswa dengan kelincahan tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai kelincahan rendah, dengan nilai peningkatanya masing – masing adalah 4957,13 dan 2321,35, dan (3) ada interaksi antara metode mengajar dan kelincahan terhadap keterampilan teknik dasar sepakbola, F? = 4,74 > Ft = 4,08..

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI