UPAYA MENGATASI KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN GERAK DASAR ATLETIK PADA PRAKTEK LARI ESTAFET ( LARI SAMBUNG ) MATA PELAJARAN PENJASKESREK KELAS IV SD NEGERI TAMPOJUNG TENGAH KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016


Author (Penulis)

SUHARDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0358

Abstract

Upaya Mengatasi kesulitan Siswa dalam pembelajaran Gerak Dasar Atletik Pada Praktek Lari estafit (Lari Sambung) Mata Pelajaran Penjaskes Kelas IV SD Negeri Tampojung Tengah Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2015 Pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia, hasil yang diharapkan itu akan dapat dicapai dalam waktu cukup lama, Oleh karena itu, jasmani dan olahraga terus ditingkatkan dan dilakukan dengan kesabaran dan keiklasan. Hal ini tentu diperlukan suatu tindakan yang mendukung terciptanya pembelajaran yang kondusisf. Pengamatan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran Olahraga Lari Estafet (Lari Sambung) di sekolah, menunjukkan bahwa banyak ditemukan masalah, kurangnya penguasaan keterampilan teknik, maka perlu diajarkan secara mendalam tentang tehnik dasar olahraga lari sambung. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah (a). Untuk mengetahui bagaimana kondisi sistem pengajaran lari estafet (lari sambung) di kelas IV SD Negeri Tampojung tengah Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016 (b) Mengetahui faktor-faktor yang menghambat penguasaan Lari estafet (lari sambung) yang baik dan benar pada siswa kelas IV SD Negeri Tampojung Tengah Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016 (c) Mencari cara mengatasi masalah yang di hadapi siswi kelas IV SD Negeri Tampojung Tengah Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016 (d) memperoleh pengalaman dalam menyelenggarakan penelitian sederhana. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan. Kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tampojung tengah Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses latihan yang kondusif dapat meningkatkan keterampilan dalam pembelajaran Lari Estafet (lari sambung) dan dapat menggunakan berbagai teknik dengan benar pada siswa kelas IV SD Negeri Tampojung tengah Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Keterampilan siswa meningkat karena siswa lebih aktif belajar dan tumbuhnya rasa percaya diri serta semangat didalam kelompok bermainnya. Yang lebih tampak kekompakan dan kerjasama untuk memahami tehnik Lari Estafet (Lari sambung) ini dengan memecahkan kesulitan secara bersama. Serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang lain. Kesimpulan berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Lari Estafet (lari sambung) melalui metode permainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Data awal yang di peroleh dari siklus I rata-rata kelas adalah sebesar 67,77% atau sebanyak 16 siswa yang memenuhi standart KKM sebesar 70 sedangkan 20 siswa atau sebesar 66,6% yang belum memenuhi KKM. Rata-rata nilai diakhir siklus II meningkat menjadi 36 atau sebesar 75,92% yang memenuhi KKM dan 36 siswa atau sebesar 100% di bawah KKM. Kata kunci: Penjaskes Lari estafet (Lari sambung, Pemahaman siswa)

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI