UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBLE BOLA DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SDN GLADAK ANYAR 2 JLN. KH.AMIN JAKFAR NO 35 PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SLAMET RIADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.09.0353
Abstract
Masalah yang akan diungkap di penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran metode Student Teams Achievement Division dalam keterampilan dribling bola pada permainan sepak bola dan dilandasi teori – teori yang ada hubungannya dengan permasalahan.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah siswa di SDN GLADAK ANYAR 2 PAMEKASAN, pengambilan sampel adalah total populasi sebanyak 30 siswa sesuai dengan jumlah siswa dalam ke;as tersebut. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes praktek dribling lurus dan dribling zig – zag, serta menggunakan angket. Untuk teknik analisis data disini penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu menggunakan tingkat keberhasilan atau mengetahui tingkat keberhasilan siswa dengan memberi evaluasi dengan tes praktek. Dengan perhitungan jumlah nilai yang diperoleh siswa dibagi dengan jumlah siswa untuk mengetahui rata-rata kelas, sedangkan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kelas menggunakan cara jumlah siswa yang tuntas belajar dibagi dengan jumlah siswa dikali 100. Dengan acuan siswa yang mendapatkan nilai > 72 dianggap tuntas sedangkan < 72 belum tuntas.
Hasil dari pengujian tersebut dalam siklus pertama hanya 19 siswa atau 63,33 % siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus ke 2 mencapai 25 siswa atau 83,33 % siswa yang tuntas.
Simpulan : dari metode Student Teams Achievement Division yang digunakan pembelajaran drible bola dianggap efektif karena dapat memotivasi serta meningkatkan hasil belajar. Saran untuk memperoleh hasil yang baik adalah dengan kreatifitas pengajar dan metode yang menarik seperti pengelompokan siswa yang sama.
Kata Kunci : drible, sepak bola, Student Teams Achievement Division