Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada Permainan bola MAPEL PENJASKESREK tentang servis atas permainan bola voley dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Driil dan bermain di kls MI.Miftahul Hidayah Palengaan Pamekasan


Author (Penulis)

SITI NAIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0343

Abstract

Siti Naimah; “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Menggunakan Pendekatan Driil Dan Bermain Pada Siswa Kelas VI MI.Miftahul Hidayah Palengaan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016”. Kata Kunci: Servis atas permainan bola volly ,Pemahaman Siswa Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Yang dijadikan subjek peneliti pada penelitian tindakan kelas adalah guru dan siswa kelas VI MI.Miftahul Hidayah Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan pada kegiatan pembelajaran gaya magnet dengan menggunakan alat peraga sederhana, dengan jadwal perbaikan pembelajaran yang dilaksanakana di MI.Miftahul Hidayah Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan, dari tanggal 15 Pebruari 2016 sampai dengan tanggal 22 Pebruari 2016 dengan jadwal sebagai berikut : Materi : Servis atas permainan bola volly Siklus Pertama : Tanggal 15 Pebruari 2016 Jam Pertama Siklus Kedua : Tanggal 22 Pebruari 2016 Jam Ketiga Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, penulis melakukan perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Penjas drill dan bermain dengan menggunakan pendekatan pembelajr di kelas VI MI.Miftahul Hidayah Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan,maka dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu perhatian siswa akan terfokus pada pelajaran jika guru menyajikannya menggunakan pendekatan yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajardan aktifitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata tes formatif , pada mata pelajaran Penjas di kelas VI diperoleh nilai pra siklus 53,47 siklus I 65,21 dan siklus II 83,04, terlihat ada peningkatan yang signifikan dari setiap siklusnya. Berdasarkan uraian di atas bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran drill dan bermain dalam pembelajaran Penjaskesrek di sekolah dasar dapat merangsang siswa untuk memahami dan menemukan pemecahan masalah yang ditemuinya selama proses pembelajaran, menemukan ide dan gagasan baru dalam memodifikasi keadaaan yang disaksikan langsung, menumbuhkan sifat kritis yang dinyatakan dalam wujud kemauan bertanya dan mengemukakan pendapat serta melatih keterampilan siswa dalam mengkomunkasikan hasil suatu kegiatan baik secara lisan, tertulis maupun praktek. Dengan kata lain, penggunaan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakter dalam pembelajaran lebih meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dan mengefektifkan pencapaian tujuan, baik tujuan secara umum maupun khusus.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI