Upaya mengatasi kesulitan siswa dalam upaya pembelajaran gerak dasar atletik pada praktek lari jarak pendek MAPEL PENJASKESREK kls IV SDN Blumbungan II Larangan Kab. Pamekasan


Author (Penulis)

MOHAMMAD SAHRAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0341

Abstract

Mohammad Sahrah :“Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Atletik Pada Praktek Lari jarak pendek Mata pelajaran Penjaskesrek Kelas IV SD Negeri Blumbungan 2 Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/ 2016” Kata Kunci : Penjaskesrek, Lari jarak pendek,Pemahaman siswa Pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia, hasil yang diharapkan itu akan dapat dicapai dalam waktu cukup lama. Oleh karena itu, jasmani dan olahraga terus ditingkatkan dan dilakukan dengan kesabaran dan keikhlasan. Hal ini tentu diperlukan suatu tindakan yang mendukung terciptannya pembelajaran yang kondusif. Pengamatan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran Olahraga Lari jarak pendek lari di sekolah, menunjukkan bahwa banyak ditemukan masalah, kurangnya penguasaan ketampilan tehnik, maka perlu diajarkan secara mendalam tentang tehnik dasar olahraga lari sambung. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a).Untuk mengetahui bagaimana kondisi sistem pengajaran Lari jarak pendek di kelas IV SD Negeri Blumbungan II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016 (b). Mengetahui faktor – faktor yang menghambat penguasaan Lari jarak pendek yang baik dan benar pada siswa kelas IV SD Negeri Blumbungan II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. (c). Mencari cara mengatasi masalah yang dihadapi siswi kelas kelas IV SD Negeri Blumbungan II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. (d). Memperoleh pengalaman dalam menyelenggarakan penelitian sederhana. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Blumbungan II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil peneitian menunjukkkan bahwa proses latihan yang kondusif dapat meningkatkan ketrampilan dalam pembelajaran Lari jarak pendek dan dapat menggunakan berbagai tehnik dengan benar pada siswa kelas IV SD Negeri Blumbungan II Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kesimpulan berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Lari jarak pendek melalui model permainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Data awal yang diperoleh dari siklus I Rata-rata kelas adalah sebesar 67,77% atau sebanyak 28 siswa yang memenuhi standar KKM sebesar 70 sedangkan 20 siswa atau sebesar 66,6% yang belum memenuhi KKM. Rata-rata nilai diakhir siklus II meningkat menjadi 28 atau sebesar 75,92% yang memenuhi KKM dan 28 siswa atau sebesar 100 % dibawah KKM.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI