Peningkatan motiviasi dan hasil belajar Lay up shoot dalam permainan bola basket melalui prinsip urutan latihan bagi siswa kelas V MI Al Falah I Kadur Kab. Pamekasan


Author (Penulis)

ABDUL HAMID
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0330

Abstract

ABSTRAK Abdul Hamid: “Peningkatan motivasi dan hasil belajar lay-up shoot dalam permainan bola basket melalui prinsip urutan latihan bagi Siswa Kelas V MI Alfah 1 Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016” Kata Kunci : Hasil Belajar Lay Up Shoot Dalam Permainan Bola Basket Penelitian ini berangkat dari hasil belajar siswa yang sangat rendah pada keterampilan bermain bola basket. Teknik dasar permainan bola basket yang harus dimiliki oleh siswa dalam penguasaan keterampilan antara lain meliputi : lempar tangkap bola (passing), memantulkan bola (dribbling), menembak bola ke ring basket (shooting), berputar badan (pivot), olah kaki (foot work), melompat atau meloncat (jumping), dan gerak tipu dengan bola atau tidak dengan bola (fakes and faints). Hasil belajar yang sangat rendah tersebut disebabkan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru bidang studi pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan tidak berjalan dengan efektif. Hal ini disebabkan karena guru bidang studi tersebut kurang menguasai materi ajar pada pokok bahasan keterampilan bermain bola basket. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, penulis mencoba menerapkan metode duplikasi dalam proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas metode duplikasi dengan menggunakan multimedia didalam peningkatan keterampilan dalam permainan Bola basket. Penelitian ini merupakan suatu bentuk penelitian berkaitan dengan hubungan sebab akibat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan menggunakan pre test dan pos test design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V MI Al falah Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan yang berjumlah 11 orang siswa. Setelah diuji dengan test diperoleh hasil tes keterampilan dasar permainan bola basket sebesar 62,18 pada siklus I,siklus II dengan Rata-rata sebesar 67,27 dan siklus II dengan Rata-rata sebesar 82,18. Dengan demikian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan metode duplikasi terhadap peningkatan keterampilan dasar permainan bola basket pada siswa kelas V MI Al-Falah 1 Kadur Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan.Pendekatan metode duplikasi dengan menggunakan multimedia sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan dasar permainan bola basket.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI