Analisis hasil pembelajaran pendidikan jasmani dilihat dari tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas sdn katerban 3 kec. Baron kab. Nganjuk


Author (Penulis)

SETYO NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0297

Abstract

Setyo Nugroho : Survei Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dilihat Dari Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas Sdn Katerban 3 Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebiasaan peserta didik dalam perjalanan ke sekolah bermacam-macam, sehingga menjadikan varietas dari kebugaran jasmani. Hal ini memberikan penilaian kebugaran jasmani dengan sistem yang digunakan menjadi subjektif. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas SDN Katerban 3 Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk?. Penelian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah TKJI menggunakan subjek sebanyak 37 siswa dengan teknik sampling yaitu total sampling. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas SDN Katerban 3 masuk pada kategori sedang dengan rincian sebagai berikut: kategori baik sekali 0 siswa (0%), kategori baik 7 siswa (19%), kategori sedang 28 siswa (76%), kategori skurang 2 siswa (5%), kategori kurang sekali 0 siswa (0%). Frekuensi terbanyak terdapat pada kategori sedang dengan jumlah siswa 28 (76%), maka dapat disimpulkan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas SDN Katerban 3 masuk dalam kategori sedang dengan frekuensi 28 siswa persentase 76%.


Keyword

Analisis hasil pembelajaran pendidikan jasmani dilihat dari tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas

Reference

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 23 Tahun 2006, Standar Kompetensi Lulusan, Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. Lutan, R. (2000). Asas-asas Pendidikan Jasmani Pendekatan Pendidikan Gerak di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Olahraga, Depdiknas Suherman, W. S. (2004). Kurikulum Berbasis Kompentensi Pendiikan Jamani Teori dan Praktek Pengembangan. Yogyakarta: FIK UNY. Yuliawan, D. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Sportif, 2(1), 101– 112.


PUBLISHED

2020-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade