HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, KOORDINASI MATA TANGAN, DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KETEPATAN SMASH ATLET BOLA VOLI PUSLATKOT PUTRI KOTA KEDIRI TAHUN 2018


Author (Penulis)

IMAM MUSTOFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0282

Abstract

ABSTRAK

   Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya smash dalam permainan bolavoli karena sangat efektif dalam mematikan bola dan dalam perolehan nilai/angka. Untuk dapat mengembangkan teknik dasar smash, maka dibutuhkan penguasaan teknik yang sempurna dan kemapuan fisik yang memadai. Adapun kondisi fisik yang dapat mempengaruhi serangan smash antara lain kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan,  power otot tungkai.

Permasalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah hubungan antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan smash? 2) Adakah hubungan antara koordinasi mata tangan dengan ketepatan smash? 3) Adakah hubungan antara power otot tungkai ketepatan smash? 4) Adakah hubungan kekuatan otot lengan, koordinasi mata-tangan dan power otot tungkai dengan ketepatan smash?

Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Teknik korelasional adalah suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bolavoli puslatkot putri kota Kediri tahun 2018 yang berjumlah 15 atlet, dengan total sampling didapatkan jumlah sampel 15 atlet. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Product Moment untuk pengujian hipotesi 1 sampai 3 dan korelasi ganda untuk pengujian hipotesis 4.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : 1) terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan smash pada atlet puslatkot putri kota Kediri tahun 2018, sebesar 62,4% 2) terdapat hubungan antara koordinasi mata tangan dengan ketepatan smash pada atlet puslatkot putri kota Kediri tahun 2018 sebesar 53,1%. 3) terdapat hubungan antara power otot tungkai dengan ketepatan smash pada atlet puslatkot putri kota Kediri tahun 2018 sebesar 30,29%. 4) Terdapat hubungan antara kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan, dan power otot tungkai dengan ketepatan smash pada atlet puslatkot putri kota Kediri tahun 2018

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada pelatih untuk memperhatikan kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan, dan power otot tungkai atlet guna meningkatkan ketepatan smash pada permaian bolavoli.

 

KATA KUNCI  : kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan,  power otot tungkai,  ketepatan smash.


Keyword

Hubungan, antara, kekuatan

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Agus, K. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surakarta:  UNS Press

Aip, S dan Muhadi. 1992. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud.

Fenanlampir, A. dan Faruq, M. 2015. Tes & Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta : CV Andi Ofset.

Munasifah. 2009. Bermain Bola Voli. Semarang : CV Aneka Ilmu

Sajoto, M. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang : Dahara Prize.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade