PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN KALIMATI 01 KECAMATAN TARIK KABUPATEN SIDOARJO


Author (Penulis)

SIGIT PRIYO KUNCORO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0262

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kalimati 01 Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik penelitian menggunakan eksperimen, sedangkan teknik mengambil datanya menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Kalimati 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 30 anak. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah 30 orang dengan rincian putra sebanyak 16 siswa dan putri 14 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh permainan tradisional terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kalimati 01 Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 2,453 dengan ttabel tingkat signifikan 5% df = 29 sebesar 2,045. Jadi thitung > ttabel dengan sig. 0,020 < 0,05, maka Ha diterima. Berdasarkan kesimpulan penelitian ini disarankan bahwa: 1. Bagi siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bahwa permainan tradisional dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. 2. Bagi Guru Penjas. Diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan dan referensi bagi guru penjas sebaiknya memberikan permainan tradisional kepada siswa sesuai usianya bahwa dengan permainan tradisional dapat meningkatkan kemampuan dan mengembangkan diri sehingga mampu meningkatkan motivasi belajar. Kata kunci: Permainan tradisional, motivasi belajar

Keyword

PERMAINAN TRADISIONAL, MOTIVASI BELAJAR

Reference

Azizah I. 2016. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Gaya di Kelas IV MIM Ngongrot Nganjuk. Jurnal Pendidikan 16. (2).208-305. Depdiknas. 1999. Tes Kebugaran Jasmani untuk Anak Umur 10-12 Tahun. Jakarta: Depdiknas. Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Haris I. 2016. Kearifan Lokal Permainan Tradisional Cublak-sublak Suweng Sebagai Media Untuk Mengembangkan Kemampuan Sosial Moral Anak Usia Dini. Jurnal Idea Societa 2. (6). 1:7. Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional dan Perannya Keterampilan Sosial Anak. Jakarta : Prenamedia Group. Melinda, 2017. Eksistensi Permainan Tradisional Pada Siswa SD. Skripsi. Ilmu Tarbiyah dan. Keguruan, Pendidikan Agama Islam, Universitas Sunan Kalijaga, Jogjakarta. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta. Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian (Psikologi, Pendidikan, Ekonomi Bisnis, dan Sosial). Yogyakarta: CAPS. Widiastuti. 2017. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade