EFEKTIVITAS MODIFIKASI PEMBELAJARAN ABC PASS SHOOT DAN PASS HAND UP SHOOT TERHADAP KETERAMPILAN SHOOTING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI DI SMK PAWYATAN DAHA 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

FRENDY ZAKARIA AMRULLAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0259

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Bola Basket di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri masih menggunakan pembelajaran konvensional dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana pembelajaran monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi dan minat belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah yang dalam hal ini adalah pembelajaran bola basket, khususnya teknik dasar menembak (shooting).

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan efektivitas modifikasi pembelajaran ABC Pass Shoot dan Pass Hand Up Shoot Basket dibanding dengan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan shooting bola basket pada siswa kelas XI SMK Pawyatan Daha 3 Kediri.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan teknik eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah keseluruhan siswa kelas XI di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri sebanyak 46 siswa. Peneliti memilih sampel 2 kelas yaitu kelas XI TKR 1 dan kelas XI TKR 2 dengan total 46.siswa, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu cluster random sampling.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: “Ada perbedaan efektivitas modifikasi pembelajaran ABC Pass Shoot dan Pass Hand Up Shoot basket dibanding dengan pembelajaran konvensional berpengaruh signifikan terhadap keterampilan shooting bola basket pada siswa kelas XI SMK Pawyatan Daha 3 Kediri”. Hal ini dapat dilihat dari hasil 3 uji analisis yaitu uji-t 1 diperoleh nilai thitung = 13,880 dengan ttabel tingkat signifikan 5% df = 22 sebesar 2,074. Jadi thitung > ttabel dengan sig. 0,000 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dan uji-t 2 diperoleh nilai thitung = 17,100 dengan ttabel tingkat signifikan 5% df = 22 sebesar 2,074. Jadi thitung > ttabel dengan sig. 0,000 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dan uji-t 3 diperoleh nilai thitung = 6,062 > ttabel = 2,015 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 (taraf signifikan 5%) maka H0 ditolak atau Ha diterima. Berarti ada perbedaan efektivitas modifikasi pembelajaran ABC Pass Shoot dan Pass Hand Up Shoot basket dibanding dengan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan shooting bola basket.

 

Kata kunci:    Modifikasi Pembelajaran ABC Pass Shoot, Pass Hand Up Shoot, Shooting Bola Basket.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Arikunto, S. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

 

Burstiando, R. 2015. Peningkatan Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Melalui Sport Education Model Pada Permainan Bolabasket. Sportif Jurnal. Kediri: Penerbit Penjaskesrek UNP Kediri.

 

Dinata, Marta. 2005. Bola Basket. Ciputat: Cerdas Jaya.

 

Ibrahim, Rusli. 2001. Psikologi Olahraga. Bandung: FPOK/ UPI Bandung.

 

Khoeron, Nidhom. 2017. Buku Pintar Basket. Jakarta Timur: Anugrah.

 

Nasehudin. T.S & Gozali N. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

 

PERBASI. 2006. Peraturan Resmi Bola Basket. Jakarta.

 

Salim, Agus. 2007. Perubahan Sosial: Sketsa Teori Dan Refleksi Metodologi Kasus Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI