HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KESEIMBANGAN, DAN.KELINCAHAN DENGAN KECEPATAN MENGGIRING BOLA SSB JOYOBOYO PAMENANG PAGU KABUPATEN KEDIRI USIA 13-15 TAHUN


Author (Penulis)

IVAN BAKTI SOSIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0252

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi awal ditemukan permasalahan bahwa penyebab perbedaan dan kurang maksimalnya kecepatan menggiring bola pada masing-masing pemain yaitu, karena saat menggiring bola tidak serius, pemain asal-asalan saat menggiring bola, pemain banyak yang mengabaikan tentang pentingnya dasar menggiring bola.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot tungkai, keseimbangan, dan kelincahan terhadap kecepatan menggiring bola pada pemain sepak bola SSB Joyoboyo Pamenang Pagu Kabupaten Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara kekuatan otot tungkai, keseimbangan, dan kelincahan terhadap kecepatan menggiring bola pada pemain sepak bola SSB Joyoboyo Pamenang Pagu Kabupaten Kediri?

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan teknik korelasional. populasi penelitian ini adalah SSB Joyoboyo usia 13-15 tahun yang berjumlah 30 anak. Sampel dari penelitian ini adalah pemain sepakbola SSB Joyoboyo usia 13-15 tahun yang berjumlah 30 anak dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: “Ada hubungan antara kekuatan otot tungkai, keseimbangan, dan kelincahan terhadap kecepatan menggiring bola pada pemain sepak bola SSB Joyoboyo Pamenang Pagu Kabupaten Kediri. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-F pada Ftabel dengan df (30-1 = 29 diperoleh nilai Ftabel sebesar 2,93 (taraf signifikan 5%). Dari hasil uji-F diperoleh nilai Fhitung = 7,489>Ftabel = 2,93 dengan sig. 0,001 <0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Berarti ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai, keseimbangan, dan kelincahan terhadap kecepatan menggiring bola.

Berdasarkan kesimpulan penelitian ini disarankan bahwa: Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dalam program latihan sepakbola tentunya yang berkaitan dengan teknik menggiring bola dengan ditunjang dari berbagai dari berbagai unsur yang mendukung diantaranya kekuatan otot tungkai, keseimbangan dan kelincahan karena kondisi fisik yang baik atlet dapat mencapai prestasi yang bisa membanggakan jika memiliki kondisi fisik yang baik


Keyword

kekuatan otot tungkai, keseimbangan dan kelincahan

Reference

Sajoto. 1988. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Jakarta: Effar dan Dhaid Prize.

 

_____. 1995. Pengembangan dan Pembinaan Kekuatan kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Dahara Prize.

 

Yuliawan, D., & Putra, R. P. 2017. Statistika Dasar. Yogyakarta.

 

Hendro Wibowo. 2014. Sumbangan Kecepatan, Kelentukan, Dan Kelincahan Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Siswa Yang Mengikuti Ekstrakulikuler Sepakbola Di SMP Diponegoro Sleman. Skripsi Yogyakarta: FIK UNY.

 

Riyan Ardona. 2014. Hubungan kecepatan, kelincahan dan kekuatan otot tungkai terhadap keterampilan menggiring bola dalam sepakbola siswa putra 8 SMP Abadi Perkasa PT Indolampung Perkasa Tulang Bawang. Skripsi. Lampung: FKIP UL.

 


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade