PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGIKUTI PELAJARAN TOLAK PELURU MELALUI METODE PEMBELAJARAN KESELURUHAN (WHOLE METHOD) PADA MATA PELAJARAN PENJAS DI SDN NGADIBOYO 1 KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

ROMADHON SAIFURIDUWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0251

Abstract

                                                                                                                 ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran penjas di SD masih berjalan monoton masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang didominasi oleh peran guru. Yang mengakibatkan rendahnya partisipasi siswa.Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana menggunakan metode pembelajaran keseluruhan (Whole Method) untuk dapat mengningkatkan kualitas belajar penjas ? (2) Apakah penggunaan metode pembelajaran keseluruhan (Whole Method) mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan afektif siswa terhadap materi penjas ?

            Metode keseluruhan adalah cara pendekatan dimana sejak awal pelajar diarahkan untuk mempraktikkan keseluruhan rangkaian gerakan yang dipelajari, Kelebihan metode ini, antara lain : (1) Hasrat atau Kemauan anak dalam bermain dapat dipenuhi sehingga anak tidak mudah bosan (2) dapat mengembangkan kerjasama tim (3) dapat memahami permainan secara keseluruhan, teknik, taktik serta peraturan permainan

Penilitian ini menggunkan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN Ngadiboyo 1 Kec. Rejoso Kab. Nganjuk. penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, menggunkan instrumen berupa RPP, lembar observer dan angket. Data yang diperoleh sebelum dan setelah dilaksanakan tindakan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan hasil tes yang diperoleh. Sebelum diterapkannya metode keseluruhan (whole method) pada pembelajaran penjas pada pembelajaran penjas diperoleh sebanyak 5 siswa atau 25% tuntas dan 15 siswa atau 75% belum tuntas. Namun setelah pembelajaran menggunakan metode metode keseluruhan (whole method) pada siklus 1 dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 8 siswa  atau 40% belum tuntas dan 12 siswa atau 60% belum tuntas Berdasarkan data tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 15% pada siklus I. Kemudian pada siklus II menunjukkan 16 siswa atau 80% tuntas dan 4 siswa atau 20% belum tuntas Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 40%.

Dari hasil pembahasan yang telah disampaikan sebelumnya maka kesimpulan yang dapat diambil adalah penggunaan metode keseluruhan (whole method) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar penjas Bagi Siswa Kelas VI SDN Ngadiboyo  1 Tahun Pelajaran 2017/2018 mengalami peningkatan.

 

Kata Kunci  : Hasil belajar, tolak peluru, penjas, keseluruhan (whole method).


Keyword

Hasil belajar, tolak peluru,penjas, keseluruhan(whole method).

Reference

                                                                                           DAFTAR PUSTAKA

An-Nur, D. (2012). Tehnik Pengolahan Data. Http://Diachs-An-Nur.Blogspot.Co.Id/2012/05/Teknik-Pengolahan-Data.Html.

 

Arikunto, P. D. (2013). Prosedur Peneliotian. Jakarta: Pt Rineka Cipta.

 

Dan, D. (2012). Pentingnya Pembelajaran Penjaskes Pada Pada Anak Usia SD .(online),tersedia: Http://Krisdaning217.Blogspot.Co.Id/2012/03/Pentingnya-Pembelajaran-Penjaskes-Pada.Html.diunduh14 November 2018

 

Drs. M. Ngalim Purwanto, M. (2003). Evaluasi Belajar Mngejar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

 

Drs. Sukidin, M. B. (2010). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas . Insan Cendekia.

 

Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat (Lppm). (2017). Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kediri: Lppm.

 

Lestari, D. A. (2012). Metode Keseluruhan Dalam Mata Pelajaran Penjas. Catatan Saja,(online),tersedia: Http://Dryalestari.Blogspot.Co.Id/2012/05/Metode-Keseluruhan-DalamPembelajaran.Html. diunduh 23 November 2018.

 

Maslihah, R. E. (2012). Kumpulan Makalah Q . Penyusunan Instrumen Penelitian TindakanKelas(PTK),(onlline),tersedia: Http://Rishelcha.Blogspot.Co.Id/2012/10/Penyusunan-Instrumen-Penelitian.Html.  diunduh 18 Agustus 2018

 

Muttaqin. (2018). 45 Soal Dan Jawaban Tentang Tolak Peluru (Pilihan Ganda, Essay).MuttaqinId,(onlline),tersedia: Https://Www.Muttaqin.Id/2017/11/Soal-Jawaban-Tolak-Peluru-Pilihan-Ganda-Essay.Html. diunduh 20 November 2018.

 

Percetakan, A. (2015). 67 Soal Pilihan Ganda Tolak Peluru. (onlline),tersedia :  Http://Masda01.Blogspot.Com/2018/03/67-Soal-Pilihan-Ganda-Tolak-Peluru.Html. diunduh 24 November 2018, diunduh 20 November 2018.

 

Pratiwi, A. (2013). Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut  Para Ahli. Media Pembelajaran,(online),tersedia: Http://Anggipratiwi77.Blogspot.Co.Id/2013/07/Pengertian-Pendidikan-Jasmani-Menurut.Html. diunduh 24 November 2018.

 

Prof. Dr. H. Mohammad Asrori, M. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV WACANA PRIMA .

 

Sudjono, P. D. (2017). Pengantar Stastistik Pendidikan. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada.

 

Syakuro, A. (2017). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah.RumahSehat,(online), tersedia: Http://SupayaSehat.Blogspot.Co.Id/2014/12/Pentingnya-Pendidikan-Jasmani-Olahraga.Html.  diunduh 24 November 2018


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade