HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, OTOT PERUT DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI DENGAN KETEPATAN SMASH PADA ATLET PUTRI U-15 CLUB BOLAVOLI BINTANG BLITAR


Author (Penulis)

ASNAWATI WULANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0239

Abstract

ABSTRAK

Asnawati Wulansari: Hubungan Kekuatan Otot lengan, Otot Perut, Dan Kekuatan Otot Tungkai Dengan Ketepatan Smash Pada Atlet Putri Club Bolavoli Bintang Blitar U-15, Skripsi, Penjaskesrek, FKIP, UN PGRI Kediri.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak yang melakukan smash akan tetapi pukulan yang dihasilkan jauh dari sasaran yang diharapkan, terkadang menyamping jauh keluar lapangan, ada juga yang jauh meninggalkan garis belakang lapangan, sehingga hal semacam ini sangatlah merugikan bagi tim yang melakukan smash, karena justru poin itu didapat oleh lawan. Untuk itu dengan memperkirakan faktor kekuatan otot lengan, otot perut dan kekuatan otot tungkai sebagai faktor yang mempengaruhi ketepatan smash pada permainan bolavoli maka perlu diadakan suatu penelitian tentang hal ini untuk mengungkapkan kebenaran perkiraan tersebut di atas.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan kekuatan otot lengan, otot perut dan kekuatan otot tungkai dengan ketepatan smash pada atlet putri club bolavoli Bintang Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan korelasional. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan total sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 15 responden.

Simpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Ada hubungan yang signifikan sebesar 0,020 antara kekuatan otot lengan dengan ketepatan smash dalam permainan club bolavoli Bintang Blitar U-15. (2) Ada hubungan yang signifikan sebesar 0,004 antara kekuatan otot perut dengan ketepatan smash dalam permainan club bolavoli Bintang Blitar U-15. (3) Ada hubungan yang signifikan sebesar 0,038 antara kekuatan otot tungkai dengan ketepatan smash dalam permainan club bolavoli Bintang Blitar U-15. (4) Ada hubungan yang signifikan sebesar 0,000 antara kekuatan otot lengan, kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai dengan ketepatan smash bola voli dalam permainan club bolavoli Bintang Blitar U-15.

KATA KUNCI  : Kekuatan Otot lengan, Otot Perut, Kekuatan Otot Tungkai, dan  Ketepatan Smash.


Keyword

Kekuatan Otot Lengan, Otot Perut, Kekuatan Otot Tungkai, dan Ketepatan Smash

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Beutelstahl, D. (2011). Belajar Bermain Bola Voli. Bandung: Pionir Jaya

Budi, S., & Khafadi, M. B. (2010). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 3 untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta: CV Putra Nugraha.

Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Firdaus, Mokhammad. Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Lompat Jauh Dengan Pendekatan Loncat Tegak dan Lompat Kedepan terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Schnepper Pada Siswa Putra Kelas Viii Smp . Negeri 14 Surakart. Jurnal Ilmiah PENJAS, ISSN : 2442-3874 Vol.2 No.1, Januari 2016 diakses 15 Juli 2019.

Hapsoro, R. A. (2012). Skripsi. Hubungan Power Otot Tungkai, Kelincahan, Power Otot Lengan terhadap Ketepatan Smash Semi pada Atlet Putri Unit Kegiatan Mahasiswa Bola Voli Unnes Tahun 2012, UNNES.

Irfandi. (2012). Pengembangan Model Latihan Sepak Bola dan Bola Voli. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Kemenpora. (2008) Olahraga Bola Voli. Jakarta

Listina, R. (2012). Mengenal Olahraga Bola Voli. Jakarta Timur: PT Balai Pustaka.

MYunus. (1992). Olahraga Pilihan Bolavoli. Jakarta: Depdikbud Dirjendikti.

Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP Kelas VII. Jakarta: Yudhistira.

Mukholid, A. (2007). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA kelas XII. Jakarta: Yudhistira.

Munasifah. (2008). Bermain Bola Voli. Demak: CV Aneka Ilmu.

Mutohir, T. C., F, M. M., & Fenanlampir, A. (2011). Berkarakter dengan Berolahraga Berolahraga dengan Berkarakter, olahraga membangun karakter bangsa. Surabaya: SPORT Media.

Nenggala, A. K. (2006). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Grafindo Media Pratama.

Nenggala, A. K. (2007). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Grafindo Media Pratama.

Risnanto, & Insani, U. (2014). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Medikal Bedah. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Setyawan, I. (2016). Skripsi. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Power Otot Tungkai dengan Ketepatan Smash dalam Permainan Bulutangkis Siswa Sekolah Bulutangkis Mataram Raya Sleman Tahun 2016, UNY.

Suarsana, I. M., & Baan, A. B. (2013). Journal. Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan Terhadap Ketepatan Smash dalam Permainan Bola Voli Club Sigma Palu, Universitas Tadulako Kampus Bumi Tadulako Tondo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, Sri., Sutarmin, & Pramono. (2010). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 1 untuk kelas VII SMP dan MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2010.

Walker, R. (2003). Ensiklopedia Mini Tubuh Manusia. Jakarta: Erlangga.


PUBLISHED

2019-07-26

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade