SURVEI MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN BOLAVOLI DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PONGGOK KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

MOH.JOKO SETIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0223

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari wawancara beberapa guru olahraga SMP di Ponggok, bahwa masalah utama adalah banyaknya siswa yang tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran bolavoli. Permasalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran bolavoli di SMP Negeri se-Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Ponggok, SMP Negeri 2 Ponggok, dan SMP Negeri 3 Ponggok dengan jumlah sampel 341 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner/angket tentang motivasi siswa dalam pembelajaran bolavoli. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang berupa persentase. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah diketahui sebanyak 21 siswa (6.16%) mempunyai motivasi dengan kategori sangat tinggi, sebanyak 79 siswa (23.17%) mempunyai motivasi dengan kategori tinggi. Sebanyak 147 siswa (43.11%) mempunyai motivasi dengan kategori sedang, sebanyak 70 siswa (20.52%) mempunyai motivasi dengan kategori rendah dan 24 siswa (7.04%) dengan kategori sangat rendah. Berdasar pada kesimpulan ini, guru lebih menekan untuk lebih memotivasi siswa dalam pembelajaran bolavoli agar pembelajaran bisa berjalan lancar dan ilmu yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa.

Keyword

SURVEI, MOTIVASI, PEMBELAJARAN

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Firdaus, Kamal. 2012. Psikologi Olahraga Teori dan Aplikasi. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Press.

 

Murti, Hartati Ari. 2013. Motivasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sentolo dalam Mengikuti Pembelajaran Renang tahun ajaran 2012/2013, (Online), tersedia: http://eprint.uny.ac.id/14061/1/HARTATI%20ARI%20MURTI_09601244024.pdf, diunduh 15 November 2017.

 

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

 

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

 

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Firdaus, Kamal. 2012. Psikologi Olahraga Teori dan Aplikasi. Padang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang Press.

 

Murti, Hartati Ari. 2013. Motivasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sentolo dalam Mengikuti Pembelajaran Renang tahun ajaran 2012/2013, (Online), tersedia: http://eprint.uny.ac.id/14061/1/HARTATI%20ARI%20MURTI_09601244024.pdf, diunduh 15 November 2017.

 

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

 

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

 

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

 


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade