UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN MEDIA BAN BEKAS DAN BOLA PLASTIK DALAM LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS VIII MTs. SUNAN AMPEL – WONOREJO KECAMATAN PAGU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

MUHAMAD DENI FEBRIANSYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0206

Abstract

ABSTRAK 

     Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa metode pembelajaran pendidikan jasmani khusunya pada materi lompat jauh gaya jongkok di MTs. Sunan Ampel Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019 kurang maksimal. Akibatnya suasana pembelajaran monoton, pasif, dan membosankan.Hal tersebut Nampak dari hasil pembelajaran dan keterampilan siswa kurang maksimal.

     Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah upaya peningkatan pembelajaran lompat jauh dengan media ban bekas dan bola plastik dalam lompat jauh gaya jongkok ? (2) Apakah pembelajaran dengan media ban bekas dan bola plastik dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam lompat jauh gaya jongkok? (3) Apakah dengan media ban bekas dan bola plastik dapat meningkatkan metode pembelajaran lompat jauh gaya jongkok ?.

     Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan  subyek penelitian kelas VIII MTs. Sunan Ampel Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam  2 siklus, menggunakan instrument RPP, lembar observasi siswa, lembar hasil tes pembelajaran siswa dan dokumentasi pembelajaran.

     Kesimpualan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan dapat di temukan langkah-langkah peningkatan pembelajaran lompat jauh dengan media ban bekas dan bola plastik dalam lompat jauh gaya jongkok. (2) Melalui siklus tindakan dengan media ban bekas dan bola plastik dalam lompat jauh gaya jongkok terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa.

     Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan media ban bekas dan bola plastik dalam lompat jauh gaya jongkok adalah untuk meningkatkan pembelajaran dan keterampilan siswa. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran sebaiknya menggunakan metode pembelajaran dengan alat bantu yang mendukung terciptanya suasana pembelaran yang efektif dan menyenangkan.

     Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran lompat jauh menggunakan alat bantu pembelajaran ban bekas dan bola plastik dapat meningkatkan hasil pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII MTs. Sunan Ampel-Wonorejo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus ke II. Hasil pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 62%  atau 13 siswa. Pada siklus ke II terjadi peningkatan prosentase hasil gerak dasar siswa dalam kategori tuntas adalah 81% atau 17 siswa.

 

Kata Kunci: Pembelajaran lompat jauh gaya jongkok, ban bekas dan bola plastik.


Keyword

Pembelajaran lompat jauh gaya jongkok, ban bekas dan bola plastik.

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Aqib, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

 

Hopkins. 1993. Melaksanakan PTK itu mudah (Classroom Action Research). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

 

Riyadi, Tamsir. 1985. Pengaruh Latihan Lompat Jauh Dengan Meraih Sasaran Diatas Dan Menggunakan Alat Bantu Box Terhadap Kemempuan Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Gagah Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Skripsi. Kediri: Penjaskesrek UN PGRI Kediri.

 

Suherman, Wawan S. 2008. Upaya      Peningkatkan Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Permainan Lompat Karet, Lompat Kardus Dan Meraih Sasaran Di Atas Untuk Siswa Kelas Viii C Smp Negeri 2 Imogir. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, (Online), tersedia :  https://eprints.uny.ac.id/13923, diunduh 15 mei 2018.

 

Suyanto. 1997. Melaksanakan PTK itu mudah (Classroom Action Research). Jakarta: PT. Bumi Aksara.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade