UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK SPRINT 100 M MELALUI LATIHAN SUTTHLE RUN KELAS 5 DI SDN REJOSO 3 KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018


Author (Penulis)

AGIL WIDO NUGRO PUSPITO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0200

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan permaslahan ini yang dapat menghambat penguasaan materi dalam pembelajaran hususnya pembelajaran lari jarak pendek.Hambatan yang ada dalam proses pembelajaran lari jarak pendek tersebut, dapat dibantu dengan penggunaan media pembelajaran sebagai perantara  dalam penyampaian informasi pesan dari intraksi yang terjadi antara guru dengan murid dalam upaya untuk mmeningkatkan efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan pembelajaran.Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajaran melalui latihan suttthle run dapat meningkatkan hasil pembelajaran lari jarak pendek sprint 100m  pada siswa kelas V SD Negeri Rejoso 3 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk?”Penelitian ini menggunakan pembelajaran PTK :subjek dalam peneltian ini adalah siswa kelas  Sekolah Dasar  Negeri (SDN) Rejoso 3 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk dengan jumlah siswa 28 orang terdiri dari putra 20 orang dan siswi putri 8 orang. Objek penelitian ini adalah Sekolah Dasar  Negeri (SDN) Rejoso 3Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk dan sebagai latar penelitian yang hendak diteliti adalah siswa kelas V Sekolah Dasar  Negeri (SDN) 1 Rejoso 3 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi apakah pembelajaran melalui latihan sutthle run dapat meningkatkan hasil pembelajaran lari jarak pendek sprint 100m  pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) Rejoso 3 Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. Alasan peneliti mengambil kelas V karena Siswa kurang fokus dan antusias dalam aktivitas olaharaga serta rendahnya motivasi siswa dan hasil pembelajaran lari jarak pendek masih banyak yang dibawah kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), oleh karena itu penulis memilih kelas ini.Kesimpulan dari penelitian ini :Siklus 1 Dalam proses pembelajaran siswa terlihat aktif dalam mengikuti semua permainan yang diberikan guru. Namun dalam pembelajaran pada siklus 1. Dari hasil siklus 1 presentasi dari hasil tes siswa mendapatkan 25%, sehingga dari siklus 2 presentase dari hasil tes siswa meningkat sebesar 75%.           

 

 

 

KATA KUNCI  : Lari Jarak Pendek Sprint 100 M Melalui Latihan Shuttle Run


Keyword

LARI JARAK PENDEK SPRINT 100 M

Reference

IV. DAFTAR PUSTAKA

                            Abin Syamsuddin Makmum.(2004). Psikologi Kependidikan. Bandung : PT.Remaja     Rosdakarya.

Aip Syarifuddin. (1992).”Pendidikan Jasmani dan Kesehatan”. Jakarta : Depdikbud.

Apta Mylsidayu dan Febi Kurniawan. (2015). Ilmu Kepelatihan Dasar. Bandung :

             CV Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Yogyakarta: Rineka Cipta.

Arnie Fajar. (2005). Portofolio Dalam Pembelajaran . Bandung: PT Remaja

           Rosdakarya.

Agus Kristianto. A. (2010). Penelitian Tindakan Kelas.  Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Bompa, T.O.1999. Periodization Training for Sport. United States : Human Kinetics.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Depdiknas .(2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta :  Depdiknas.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan.Jakarta:       Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas. (2008). Pedoman Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta:Dikmenum, Depdiknas

Djumidar, Muhamad. (2004). Gerak-Gerak Atletik Dalam Bermain. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djumindar. (1997) Buku Materi Pokok Dasar-Dasar Atletik, Edisi ke 1 Universitas Terbuka. Departemen pendidikan dan Kebudayaan Direktorat jenderal Pendidikan dasar dan menengah bagian proyek peningkatan guru pendidikan jasmani dan kesehatan SD setara D II Jakarta.

 

Djoko Pekik Irianto. 2002. Dasar Kepelatihan. Yogyakarta : FIK UNY

Djumidar A. widya , 2004. Belajar berlatih gerak-garak dasar atletik dalam

          bermain. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem

             pendidikan nasional.

Depdiknas.(2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Dikmnum.Depdiknas

Dewi Setiawati (2016). Guru Pembelajar Penjas. Jakarta:Dirjen GTK Kemendikbud.

Eddy Purnomo. (2007). Pedoman Mengajar Dasar Gerak Atletik. Yogyakarta:

          Universitas Negeri Yogyakarta

Eddy Purnomo & Dapan. (2011). Dasar-dasar gerak atletik. Yogyakarta.

          Alfamedia

Endang Rahmawati. (2011). Upaya Peningkatan Pembelajaran Gerak Dasar Lari.Skripsi.Yogyakarta.FIK UNY Cepat Dengan Pemberian Metode Bermain. Skripsi. Yogyakarta, FIK UNY BSNP.                      2006. Sekolah menengah pertama. Jakarta: depdikbud.         

Francis X. Cretzmeyer. (1969), The Theory of Buyer Behavior. (Edisi cetak

                 ulang) New York: John Wiley and Sons. 

Fajar, Arnie. 2005. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja

              Rosdakarya

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari http://http://kbbi.co.id/artikata/bilah. Pada tanggal 30 Agustus 2018 pukul 20.30 WIB.

Harre (2000). Hakikat Latihan.PT.Jaya.Kusuma.Semarang

Harsono . (2015). Kepelatihan Olahraga. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Harsono. 1998. Coaching dan Aspek-aspek Psikologis dalam Coaching. Jakarta: Depdikbud.

Hamdayana, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Jumadi, 2010. Pembelajaran Konstekstual dan implementasinya. Makalah disampaikan pada Workshop Sosialisasi dan Implementasi Kurikulum 2004. Madryah Aloyah DIY, Jateng , Kalsel di FMIPA UNY Thn 2003

Lutan, Rusli. 1991. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenega Pendidikan.

Nurhadi Santoso. (2009). Pendidikan Jasmani di Sekolah Menengah Atas : Antara Harapan dan Kenyataan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Volume 6 Nomor 2). Halaman 2-3

Mc. Taggart, R.1997.The Action Research Planne & Studi PTK. Melbourne. Deakin University

Mendiknas. (2016) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik

            Indonesia No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar    dan Menengah.

Purnomo. E. & Dapan. 2011. Dasar-Dasar Atletik. Yogykarta: Alfamedia

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional

            Pendidikan

Permendiknas No. 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian  Pendidikan.    Bandung

Rumiyanti (2013). Pedoman Umum Pengembangan Penilaian; Kurikulum Berbasis Kompetensi SMA. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Sidik, Dikdik Zafar. (2014). Pembinaan Kondisi Fisik. Bandung: FPOK UPI

          Bandung

Suherman. 2003. Strategi Pembelajaran Kotemporer.Surakarta: FIKP UMS

Sugiyanto. 2004. Perkembangan dan Belajar Motorik, Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan, direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis Bagian Proyek Penataran Guru Pendidikan Jamani dan Kesehatan SD Setara D II.

Sugiarti, Titik. 1997. “Motivasi Belajar”. Jakarta: Cerdas Pustaka

Sugiyanto. 1994. Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kompas

Soetoto, Pontjopoetra, dkk. 2004. Permainan Anak, Tradisional dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soegito. 1993. Pendidikan Atletik. Jakarta: Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru SD Setara D II.

Sukintaka. 1992. Teori Bermain untuk D2 PGSD Penjaskes, Jakarta: Departemen Pendidkan dan Kebudayaan.

Syarifuddin, Aip. 1993. Atletik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Syamsuddin, M (2004). Konsep Pembelajaran. PT. Grafindo. Jakarta

Tamsir Riyadi. 1985. Petunjuk Atletik.  Yokyakarta: FPOK IKIP Yogyakarta.

Tjaliek Soegiardo, (1991). Fisiologi Olahraga. FPOK IKIP Yogyakarta.

Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Oja dan Sumarjan (1997). Panduan Penelitisn Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade