HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI, KESEIMBANGAN DAN POWER TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN PUNGGUNG PADA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMP DARUSH SHOLIHIN BOARDING SCHOOL TAHUN AJARAN 2019-2020


Author (Penulis)

RIZAL KURNIAWAN APRIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0189

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya siswa dalam melakukan shooting dipengaruhi oleh kekuatan otot tungkai, keseimbangan dan power tungkai siswa yang kurang kuat. Padahal shooting merupakan teknik yang terpenting dimana pemain dapat mencetak gol. Hal ini berdampak pada permainan futsal siswa yang menjadi kurang baik. Permasalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah hubungan antara kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan shooting menggunakan kaki bagian punggung 2) Adakah hubungan antara keseimbangan terhadap kemampuan shooting menggunakan kaki bagian punggung? 3) Adakah hubungan antara power tungkai terhadap kemampuan shooting menggunakan kaki bagian punggung? 4) Adakah hubungan antara kekuatan otot tungkai, keseimbangan, dan power tungkai dengan kemampuan shooting menggunakan kaki bagian punggung?. Penelitian ini menggunakan teknik korelasional, dimana suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler futsal SMP Darush Sholihin Boarding School yang berjumlah 15 siswa, dengan menggunakan teknik sampling jenuh maka jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment untuk pengujian hipotesi 1 sampai 3 dan korelasi ganda untuk pengujian hipotesis 4. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : 1) Ada hubungan antara kekuatan otot tungkai terhadap kemampuan shooting menggunakan kaki bagian punggung, dengan nilai rhitung 0,690 > 0,514 rtabel 2) Ada hubungan antara keseimbangan terhadap kemampuan shooting menggunakan kaki bagian punggung, dengan nilai rhitung 0,645 > 0,514  rtabel 3) Ada hubungan antara power tungkai terhadap kemampuan shooting menggunakan kaki bagian punggung, dengan nilai rhitung 0,752 > 0,514 rtabel 4) Ada hubungan antara kekuatan otot tungkai, keseimbangan, dan power tungkai dengan kemampuan shooting menggunakan kaki bagian punggung, dengan Fhitung 16,688 > 3,587 Ftabel. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada pelatih ekstrakurikuler futsal SMP Darush Sholihin Boarding School untuk dapat meningkatkan kemampuan shooting menggunakan kaki bagian punggung dengan memperhatikan kekuatan otot tungkai, keseimbangan, dan power tungkai.


Keyword

kekuatan otot tungkai, keseimbangan, power tungkai dan kemampuan shooting menggunakan kaki bagian punggung

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Harsono. 1988. Panduan Kepelatihan. Jakarta: KONI.

Lhaksana, Justinus. 2011. Taktik dan Strategi Futsal Modern. Depok: BE Champion.

Mukholid, Agus. 2004. Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Yudistira.

N. Wafiudin, Weda, S. Lusianti. 2019. Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai, Panjang Tungkai, Daya Ledak Otot Tungkai dan Kelentukan dengan Jauhnya Tendangan pada Atlet di SSB Wonorejo Usia 13-15 Tahun. Jurnal BRAVO’S (Jurnal Prodi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan). Hal. 152-157.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno H.P. 1981. Metodik Melatih Permainan Bola Volley. Yogyakarta: IKP.


PUBLISHED

2020-02-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade