SURVEI MANAJEMEN DAN PEMBINAAN PRESTASI AKADEMI AREMA NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019


Author (Penulis)

GUMELAR CHANDRA MUKTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen dan proses pembinaan prestasi dari tahap pemasalan, pembibitan, pembinaan prestasi, program latihan dan faktor pendukung prestasi Akademi Arema Ngunut kabupaten Tulungagung. Hal ini dilatar belakangi oleh berkurangnya jumlah siswa yang ada di Akademi Arema Ngunut dari tahun ke tahun.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua organisasi dan kepala pelatih. Setting penelitian ini dilakukan di lapangan Sumberjo Kulon, kecamatan Ngunut, kabupaten Tulungagung.

Pengumpulan data berlangsung mulai bulan Oktober sampai dengan bulan Desember pada tahun 2018. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah interactive model, yaitu dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah manajemen organisasi Akademi Arema Ngunut kabupaten Tulungagung ditangani oleh ketua umum, sekretaris dan bendahara.  Pembinaan prestasi Akademi Arema Ngunut di dilaksanakan melalui tahap berjenjang dan berkelanjutan. Tahapan pembibitan dilakukan dengan menggunakan beberapa tahapan tes. Program latihan yang diterapkan tiga kali dalam satu minggu. Pendanaan diperoleh dari dana iuran wali siswa dan dari pemerintah kabupaten Tulungagung.

Simpulan dari hasil penelitian, kurangnya pertemuan rutin para pengurus Akademi Arema Ngunut untuk membahas permasalahan yang sedang dihadapi dan bagaimana cara pemecahannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa masih kurangnya sebuah manajemen yang baik. Pelaksanaan pembinaan prestasi yang dilakukan belum maksimal, serta jadwal latihan berbenturan dengan waktu yang diberikan oleh SMA kepada siswa U-17. Saran yang di berikan penulis, untuk organisasi kepengurusan diperbaiki, serta menambah dukungan sponsor untuk menambah pendanaan agar pembinaan prestasi di SSB Akademi Arema Ngunut kabupaten Tulungagung dapat berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan prestasi lebih baik lagi.

 

 

KATA KUNCI  : manajemen, membinaan prestasi

 


Keyword

Manajemen, pembinaan prestasi

Reference

Adnan, Habib Prihatin. 2012. Analisis Pengembangan Kurikulum di SDIT Muhammadyah Al-Kautsar Gumpang Kartasura Kutoharjo. Tesis. UMS

Ahmad Paturisi. 2012. Manajemen Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hasibuan, S.P. Malayu. 2004. Manajemen : Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade