ANALISIS TINGKAT KESEGARAN JASMANI EKSTRAKURIKULER PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

TOMI YULIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0161

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi awal ditemukan permasalahan bahwa masih terdapat beberapa siswa yang memiliki tingkat kesegaran jasmani kurang baik, hal ini dikarenakan masih ada siswa yang terlihat kelelahan setelah mengikuti ekstrakurikuler yang ada. Serta terdapat perbedaan tingkat kesegaran jasmani yang tidak seimbang pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler terhadap prestasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran jasmani pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli, pencak silat, atletik di SMP NEGERI 1 Ringinrejo.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan teknik survey. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa dan siswi  yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli, pencak silat, atletik dan di SMP NEGERI 1 Ringinrejo sebanyak 98 siswa. sampel dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler bola voli sebanyak 30 putra dan putri, ekstrakurikuler pencak silat 34 putra dan putri, ekstrakurikuler atletik 34 putra dan putri dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat Kesegaran Jasmani Indonesia Cabang (TKJI) cabang olahraga ekstrakurikuler bola voli pada siswa putra usia 13 s.d 15 tahun pada kategori baik sedangkan siswa putri kategori kurang. 2) Tingkat Kesegaran Jasmani Indonesia Cabang (TKJI) cabang olahraga ekstrakurikuler pencak silat pada siswa putra usia 13 s.d 15 tahun sebagian besar pada kategori baik sedangkan pada siswa putri pada kategori kurang. 3) Tingkat Kesegaran Jasmani Indonesia Cabang (TKJI) cabang olahraga ekstrakurikuler atletik pada siswa putra usia 13 s.d 15 tahun hampir separuhnya pada kategori baik sedangkan pada siswa putri pada kategori kurang.

Berdasarkan kesimpulan penelitian ini disarankan bahwa: Diharapkan bagi siswa untuk meningkatkan kesegaran jasmani yang masih kurang guna menunjang prestasinya.

 


Keyword

Tingkat Kesegaran Jasmani

Reference

Ahmad, P. 2014. Studi Analisis Kondisi Fisik (VO2max) Atlet Futsal SMA Negeri 1 Putri Hijau Kabupaten Bengkulu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi: Universitas Bengkulu.

 

Chasanah, S.L.A.N. 2017. Perbedaan Keefektifan Antara Lay Up Shoot Melalui Papan Pantul Dan Lay Up Shoot Langsung Ke Ring Basket Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Basket di SMA N 1 Karanganom Klaten. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

 

Dapan, E, D. 2013. Dasar-dasar Atletik. Yogyakarta: Alfa.

 

Muhajir. 2004. Pendidikan Jamani Olahrga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.

 

Nasehudin. T.S & Gozali N. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

 

Widiastuti. 2017. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Yulianto. 2015. Survey Kondisi Kesegaran Jasmani Wasit Sepak Bola C-1,C-2 dan C3 Dalam Rangka Persiapan Tes Fisik Wasit Sepakbola Se-Kabupaten Semarang 2013. Skripsi. Semarang: UNS.


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade