Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan diperoleh informasi bahwa kemampuan motorik siswa SD pada olahraga krawnjang yaitu belum adanya peneliti tentang analisa motorik krawnjang. Hal tersebut dikarenakan sekolah masih belum mempunyai sarana yang lengkap, dan tenaga guru juga masih belum menerapkan olahraga krawnjang ini dalam pembelajaran. Harusnya siswa dapat melakukannya dengan menggunakan teknik dasar dalam olahraga krawnjang ini agar kemampuan fisik, teknik dan taktik bermain krawnjang ini sudah mulai terbiasa dilakukan di SD. Perlu program latihan yang baik untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Setiap teknik juga harus dianalisis bagaimana melakukan gerak yang singkat dan tepat sasaran. Permasalah dalam penelitian ini adalah analisa bagaimana kemampuan gerak dasar siswa SD dalam olahraga krawnjang?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sabjek penelitian ini adalah siswa SDN Balowerti 3, SDN Pakunden 3, dan SDN Bujel 2, karena dapat melakukan olahraga Krawnjang. Teknik analisis data yang digunakan adalah trianggulasi data.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : kemampuan gerak dasar fundamental motorik siswa SD dalam olahraga krawnjang merupakan gerakan-gerakan dasar pola gerak yang membentuk dasar-dasar keterampilan gerak yang komplek, yang meliputi, gerak lokomotor, gerak non lokomotor, dan gerak manipulatif. Diamana terdapat gerak dasar fundamental motorik gerak mengambil bola jatuh ke depan/belakang, meraih bola ke samping, gerak vertical sundulan bola kearang keranjang, gerak saat pasing sila kanan/kiri, memuatar tubuh untuk meraih bola kebelakang, menyundul bola dari samping dahi/kepala , menerima operan bola serven menerima umpan dari kawan dan menerima umpang paha Hal tersebut dapat menjadi dasar bahwa dalam menentukan kebutuhan program latihan krawnjang antara lain didasarkan pada gerakan fundamental, teknik permainan dan strategi pemain.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada guru olahraga untuk mengenalkan olahraga kwanjang kepada siswa sebagai bentuk modivikasi permainan sepaktakraw
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Yogyakarta:Rineka cipta
Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : Sebelas Maret University Press.
Hanif, Yulingga Nanda. 2015. Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Sportif. 1(1). 60-73
Hurlock., Elizabeth. 1998 Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Moleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sukmana, Abdian Asgi; Muthohir, Toho Cholik; Muhyi, Muhammmad. 2018. Buku Pedoman Permainan Krawnjang untuk Siswa Sekolah Dasar. Surabaya:
Undang-Undang sistem Keolahragaan Nasional nomor 3 tahun 2005. Jakarta:Kemenpora RI