SURVEI TINGKAT KETERAMPILAN HEADING, PASSING, DRIBBLING, DAN SHOOTING PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA SSB USIA 16-17 TAHUN DI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2019


Author (Penulis)

ULMAS PUJI SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0154

Abstract

SURVEI TINGKAT KETERAMPILAN HEADING, PASSING, DRIBBLING, DAN SHOOTING PERMAINAN SEPAKBOLA PADA SISWA SSB USIA 16-17 TAHUN DI KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2019

 

 

ULMAS PUJI SANTOSO

14.1.01.09.0154

                                                        FIKS – Pendidikan Jasmani

ulmassantoso@gmail.com

Weda, M.Pd dan Dr. Budiman Agung Pratama, M.Pd

UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

 

 

ABSTRAK

 

Ulmas Puji Santoso: Survei Tingkat Keterampilan Heading, Passing, Dribbling, dan Shooting Permainan Sepak Bola pada Siswa SSB Usia 16-17 tahun di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung Tahun 2019, Skripsi, PENJAS, FIKS UN PGRI Kediri, 2020.

 

Penelitian ini dilatar belakangi pengamatan peneliti dengan adanya penurunan eksistensi beberapa SSB di Tulungagung, tetapi ada beberapa yang mampu konsisten menjaga eksistensi  mereka dari dulu hingga sekarang. Akibatnya banyak yang mengansumsikan bahwa kemampuan siswa di SSB ini begitu baik, sehingga mampu mendominasi hingga bertahun-tahun.

Permasalahan penelitian ini adalah seberapa baik tingkat keterampilan penguasaan teknik dasar heading, passing, dribbling dan shooting permainan sepakbola pada siswa ssb usia 16-17 tahun di kecamatan kedungwaru kabupaten tulungagung.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan subyek penelitian siswa SSB usia 16-17 tahun di kecamatan kedungwaru kabupaten tulungagung sebanyak 20 siswa/atlet dari masing-masing SSB dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan instrumen tes teknik dasar heading, passing, dribbling dan shooting.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah melalui survei teknik dasar sepakbola dapat diketahui bahwa rata-rata tingkat keterampilan penguasaan teknik dasar heading, passing, dribbling dan shooting siswa SSB usia 16-17 tahun di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung adalah Baik.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Agar lebih memperhatikan kondisi tempat latihan, akan jauh lebih baik apabila kondisi lapangan yang digunakan untuk berlatih sehari-hari terasa nyaman digunakan dan memenuhi standar nasional. Untuk pelatih akan lebih baik jika juga memberikan ilmu kedisiplinan kepada para siswa, jika siswa memiliki jiwa disiplin yang baik maka kualitas permainan di lapangan pun akan meningkat. Untuk siswa diharap lebih rajin berlatih dan lebih bersungguh-sungguh.

 

 

Kata Kunci: Sepakbola, ssb, siswa, heading, passing, dribbling, dan shooting.


Keyword

Sepakbola, ssb, siswa, heading, passing, dribbling, dan shooting.

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Pratama, B A. 2016. Meningkatkan Ketrampilan Shootingsepakbola Dengan Permainan Modifikasi. Jurnal Sportif Issn : 2477 – 3379, Volume 2 (1). (Online), tersedia: (https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=Qppkq iYAAAAJ), diunduh 19 Januari 2020.

Pratama, B A. 2017. Effectiveness of shooting training model based drill of shooting product in youth soccer. International Journal of Physiology, Nutrition and Physical Education 2017, Volume 2 (2). (Online), tersedia: (https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=QppkqiYAAAAJ), diunduh 19 Januari 2020.

Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suwarno, K R. 2001. Sepakbola: Gerak Dasar dan Teknik Dasar. Yogyakarta: FIK UNY.

Weda. 2016. Survei Pembinaan Sepakbola Pada Sekolah Sepakbola Semen Indonesia. Bravo’s Jurnal. Volume 4 (2). (Online), tersedia: https://scholar.google.co.id/citations?user=sLgbyiwAAAAJ&hl=id&oi=sra, diunduh 19 Januari 2020.

Winarno, M E. 2006. Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Laboratorium  Jurusan Ilmu Keolahragaan FIP Universitas Negeri Malang, lib.um, (Online), tersedia: http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/Tes-Keterampilan-Olahraga.pdf, diunduh 23 April 2019.


PUBLISHED

2020-02-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade