HUBUNGAN ANTARA PANJANG LENGAN, KEKUATAN OTOT LENGAN, DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI TERHADAP KEMAMPUAN LAY UP SHOOT BOLA BASKET SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 KEDIRI TAHUN 2018


Author (Penulis)

NANDA BHEKTI PANGESTU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0139

Abstract

ABSTRAK

            Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan pada saat melaksanakan PPL di SMK Muhammadiyah 2 Kediri.bahwa terdapat permasalahan dalam proses lay up shoot. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bertujuan ingin mengetahui hubungan antara penjang lengan, kekuatan otot lengan, dan daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan lay up shoot bolabasket.Fokus permasalahan dalam permasalahan penelitian ini adalah(1) Adakah hubungan signifikan antara panjang lengan, kekuatan otot lengan, dan daya ledak otot tungkai dengan kemampuan tembakan Lay up bola basket siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri. ?

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasional dengan pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran dengan mengambil subyek penelitian yaitu siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri. Penelitian ini mengambil 30 siswa sebagai sampel penelitian dengan teknik sampel Proportionate stratified random sampling.

Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes dan pengukuran. Uji prasyarat analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini adalah :1)ada hubungan antara panjang lengan dengan kemampuan lay up shoot, dengan nilai rhitung nilai rhitung0,514>0,361rtabel, 2) ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan lay up shoot, dengan nilai rhitung0,432 >0,361rtabel,. 3) ada hubungan antara daya ledak otot tungkai dengan kemampuan lay up shoot, dengan nilai rhitung0,655> 0,361 rtabel. 4) ada antara hubungan antara panjang lengan, kekuatan otot lengan, dan daya ledak otot tungkai dengan kemampuan lay up shoot, dengan nilai Fhitung8.686>2.922Ftabel.

Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara panjang lengan, kekuatan otot lengan, dan daya ledak otot tungkai dengan kemampuan tembakan Lay up bolabasket siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kediri.

 

KATA KUNCI  :Panjang Lengan, Kekuatan Otot Lengan, Daya Ledak Otot Tungkai, dan Kemampuan Lay Up Shoot

 


Keyword

PANJANG LENGAN, KEKUATAN OTOT LENGAN, DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

 

Munandar. DR : Ihtisar Anatomi Alat Gerak Dan Ilmu Gerak, EGC, Jakarta

Dinata, Marta. 2008. Bola Basket. Jakarta: Cerdas Jaya

 

Fenanlampir, Albertus. 2015. Tes dan Pengukuran Dalam Olahraga/Dr.Albertus Fenanlampir, M.Pd.,AIFO dan Dr. Muhammad Muhyi Faruq. Edisi. I. Yogyakarta.

 

Kosasih, Danny. 2008. Fundametal Basketball. First Step to Win. Semarang. Karangturi. Media

 

LPPM, Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2017. Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kediri

 

Mashuri Hendra. 2017. Shot Shootan Basketball. Nganjuk: Adji Media Nusantara.

 

Margiono, Agus. 2010. Permainan Bola Basket. Surakarta: UNS Press

Nanda, Agung Fitri. 2016. Hubungan Antara Power Tungkai dan Kelentukan Pergelangan Tangan Terhadap Hasil Lay-up Dalam Permainan Bola Basket Siswa Ekstrakulikuler SMPN 21 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan: Universitas Lampung.

 

Pardjiono. 2014. Sarana dan Prasarana Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

 

PERBASI. 2006. (Persatuan Basketball Seluruh Indonesia), Jakarta

 

Sugiyono. 2016. Stastistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Surakarta.

 

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

 

Sodikun, Imam. 2007. Teknik Bolabasket. Yogyakarta

 

Wicaksana, Faisal Imam. 2015. Tingkat Keterampilan Lay Up Shoot Peserta Ekstrakurukuler Bolabasket di SMA N 1 Imogiri Bantul Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan: PPs Universitas Negeri Yogyakarta.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade