Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Kunjang Tahun Ajaran 2019/2020


Author (Penulis)

MOKHAMAD HARIS ABDULLAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0131

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan kemampuan chest pass belum tepat dan maksimal. Sebagian siswa hanya sekedar melempar – lempar bola tanpa tau apa tujuan mereka melakukannya dan tidak sedikit pula yang bergurau serta bercanda sehingga mereka terkesan tidak serius dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran belum sepenuhnya melibatkan siswa secara aktif, dan guru masih menjadi pusat pembelajaran. Sebagai upaya meningkatkan hasil belajar chest pass bola basket dengan cara menerapkan model pembelajaran yang brepusat pada aktifitas siswa seperti menerapkan model Student Team - Achievement Divisions (STAD). Permasalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan model pembelajaran Student Team - Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar chest pass bola basket? 2) apakah model pembelajaran Student Team - Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar chest pass bola basket?. Penelitian perbaikan pembelajaran ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Kunjang Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi siswa dan tes praktik chest pass bolabasket. Analisa yang digunakan adalah analisa deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : 1) Penerapan model pembelajaran Student Team - Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kunjang Tahun Ajaran 2019/2020 baik aktifitas guru dan aktifitas siswa  masuk kategori baik 2) Penerapan model pembelajaran Student Team - Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kunjang Tahun Ajaran 2019/2020, dengan peningkatan 53%.. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada guru olahraga khususya bola basket untuk dapat meningkatkan hasil belajar chest pass bola basket dengan memilih model pembelajaran yang sesuai agar proses pembelajaran berlangsung dengan lancar.


Keyword

model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD), hasil belajar chest pass bola basket

Reference

Ade, Sanjaya. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek IV. Jakarta: Bina Aksara.

Febrianta, Y. 2013. Upaya Peningkatan Peembelajaran Permainan Bola Baket Melalui Metode Pendekatan Taktik Siswa SMPN 2 Pandak Bantul. Jurnal Keolahragaan. 1 (2). (Online), tersedia : https://jurnalnasional.ump.ac.id,diunduh pada 30 September 2019, pukul 18.00 WIB.

Indarto, J. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah 3 Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Surakarta : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Junaidi, I.A. 2018. Peningkatan Keterampilan Chest Pass Bola Basket Melalui Metode Peer Teaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga. Jurnal Penjaskesrek. 5 (1). (Online), tersedia : https://penjaskesrek.stkipgetsempena.ac.id, diunduh pada 29 September 2019, pukul 17.00 WIB.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didikberdasarkan Kurikulum 2013).Jakarta :Raja GrafindoPersada.

LPPM. 2018. Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kediri. LPPM Universitas Nusantara PGRI Kediri

Perbasi. 1994. Peraturan Resmi Boola Basket.Jakarta.

Purba, Erliana. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Melalui Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions Pada Siswa Kelas VI SD Negeri. Jurnal SEJ. 7 (02). (online), tersedia: https://jurnal.unimed. diunduh pada 12Oktober 2019, pukul 17.16 WIB.

Purwanto, E. 2013. Meningkatkan Permainan Bola Baket Melalui Model Pembelajaran Lempar Sasaran Siswa Kelas V SD Negeri 01 Samong Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Semarang : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Putra, T.R. 2013. Penerapan Permainan Bola Basket Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dribble Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2013/2014). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 02 (02). (Online), tersedia : https://unesa.ac.id ,diunduh pada 22September 2019, pukul 18.16 WIB.

Sanjaya, I Made Rajat. 2014 Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Passing Bola Basket. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Undiksha. 02 (01). (Online), tersedia : https://ejournal.undiksha.ac.id,diunduh pada 22 September 2019, pukul 19.16 WIB.

Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. (Edisi terjemahan oleh Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif  , Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Berorentrasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Yusuf, Bacthiar. 2014.Kondisi Fisik Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli di SMA N 1 Pundong. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta


PUBLISHED

2020-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade