ABSTRAK
Eleonora Dolo Lian: Perbedaan Tingkat Kebugaran Jasmani Antara Mahasiswa Dari Suku Lamaholot (NTT) Dengan Mahasiswa Suku Jawa (Kediri) di UN PGRI Kediri Tahun 2018, Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani jasmani mahasiswa dari suku Lamaholot (NTT) dan mahasiswa suku Jawa (Kediri) pada UN PGRI Kediri Tahun 2018 pasti berbeda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti letak geografis, aktivitas fisik, tempat tinggal dan asumsi awal (fisik). Permasalahan penelitian ini adalah 1) bagaimana tingkat kebugaran jasmani mahasiswa dari suku Lamaholot (NTT) di UN PGRI Kediri Tahun 2018?, 2) bagaimana tingkat kebugaran jasmani mahasiswa dari suku Jawa (Kediri) di UN PGRI Kediri Tahun 2018?, 3) adakah perbedaan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa dari suku Lamaholot (NTT) dengan mahasiswa suku Jawa (Kediri) di UN PGRI Kediri Tahun 2018?. Tujuan permasalahan ini memiliki tujuan 1) mengetahui tingkat kebugaran jasmani mahasiswa suku Lamaholot (NTT) di UN PGRI Kediri Tahun 2018, 2) mengetahui tingkat kebugaran jasmani mahasiswa suku Jawa (Kediri) di UN PGRI Kediri Tahun 2018, 3) mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa suku Lamaholot (NTT) dengan mahasiswa suku Jawa (Kediri) di UN PGRI Kediri Tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan metode survei dan pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran perbedaan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa suku Lamaholot (NTT) dengan mahasiswa suku Jawa (Kediri) di UN PGRI Kediri Tahun 2018.
Berdasarkan dari pengolahan data dalam penelitian ini didapatkan hasil analisis data tentang perbedaan tigkat kebugaran jasmani antara mahasiswa dari suku lamaholot (NTT) dengan mahasiswa suku jawa (Kediri)di UN PGRI Kediri Tahun 2018, Dapat diketahui t hitung = 4,420 dengan Sig.(2-tailed) = 0,003 < 0,025 yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menerima Ha dan menolak Ho, dengan demikian hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara mahasiswa suku Lamaholot (NTT) dengan mahasiswa suku Jawa (Kediri) di UN PGRI Tahun 2018
Berdasarkan simpulan diatas, direkomendasikan (1) pada pengajar khususnya dosen, agar dapat memperhatikan dan membantu mahasiswa dalam meningkatkan kebugaran jasmani mahasiswa dengan cara memberikan pengarahan dan masukan dalam meningkatkan kebugaran jasmani, (2) pada mahasiswa diharapkan supaya mampu meningkatkkan kebugaran jasmani yang baik diharapkan dapat mencapai prestasi olahraga dan belajar yang optimal.
KATA KUNCI : Kebugaran Jasmani, Mahasiswa Suku Lamaholot (NTT), Mahasiswa
Suku Jawa (Kediri).
DAFTAR PUSTAKA
Munaji, Agus dan Arma, Abdoelah. 1994. Dasar-dasar pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud.
Muhajir. 2004. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga.
Suharjana. 2013. Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Djoko Pekik, Irianto. 2004. Pedoman Praktis Berolahraga untuk Kebugaran dan Kesehatan. Jogyakarta: Andi Jogyakarta.