SURVEI TINGKAT KONDISI FISIK ATLET BOLAVOLI PUTRA PUSLATKAB (PUSAT LATIHAN KABUPATEN) TULUNGAGUNG TAHUN 2018


Author (Penulis)

MOCH HISA ARDIANSAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0118

Abstract

ABSTRAK

 

Survei Tingkat Kondisi Fisik Atlet Bolavoli Putra PUSLATKAB (Pusat Latihan Kabupaten) Tulungagung Tahun 2018, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri, 2014.

       Permainan bolavoli selalu menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di tiap ajang kejuaraan besar tidak terkecuali pada gelaran PORPROV 2019. Tim pelatih dan penanggungjawab PUSLATKAB (Pusat Latihan Kabupaten) Bolavoli Tulungagung memasang target masuk empat besar dalam gelaran PORPROV 2019. Hal ini didasari karena belakangan di ajang Kejurprov Liga Remaja dan Kejurprov Junior, kontingen Tulungagung selalu masuk tahap semi-final sehingga dengan melihat prestasi yang sudah diraih maka para penanggung jawab berani memasang target empat besar untuk PORPROV 2019. Akan tetapi pada tahap pemilihan atlet hendaknya ditentukan bukan hanya dari skill tetapi juga dari kondisi fisik tiap atlet. Penelitian ini membantu pelatih dalam hal tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan Teknik penelitian adalah survei. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bolavoli putra PUSLATKAB (Pusat Latihan Kabupaten) Tulungagung tahun 2018 dengan pengambilan sampling adalah sampel jenuh. Instrument yang digunakan adalah instrument tes dan pengukuran dalam olahraga dyang mencangkup 8 komponen kondisi fisik dan 13 jenis tes. Analisis data menggunakan rumus T score dimana data yang diperoleh pada saat tes adalah data mentah yang selanjutnya di konversi menjadi T score. Data t score dari ke tiga belas tes kemudian dijumlahkan dan dicari rata-rata, simpangan baku, nilai maksimal dan nilai minimal. Kemudian diolah dalam table distribusi frekuensi..

       Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kondisi fisik atlet bolavoli putra PUSLATKAB (Pusat Latihan Tulungagung) Tahun 2018 baik sekali 2atlet (12,5%), baik 1 atlet (6,25%), sedang 8 atlet (50%), kurang 4 atlet (25%), kurang sekali 1 atlet (6,25%). Dengan demikian tingkat kondisi fisik atlet bolavoli putra PUSLATKAB (Pusat Latihan Kabupaten) Tahun 2018 masuk dalam kategori sedang dengan frekuensi dan prosentase 8 atlet (50%). Diharapkan dapat dijadikan bahan masukkan terhadap program latihan yang akan dijalankan agar pencapaian target bisa terpenuhi.

 

KATA KUNCI  : kondisi fisik, bolavoli, survei.


Keyword

KONDISI FISIK BOLAVOLI

Reference

Munasifah. 2008. Bermain Bola Voli. Semarang: CV. Aneka Ilmu.

Sajoto, Mochammad. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: IKIP Semarang.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Tim Tes Parameter Prodi Penjaskesrek UN PGRI Kediri 2018. Tidak dipublikasikan.


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade