PENGARUH MODEL LATIHAN LADDER DRILL LATERAL PUSH-UP WALK TERHADAP KETERAMPILAN SHOOTING BOLA BASKET DI EKSTRAKURIKULER BASKET PUTRA SMPN 2 KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN 2018/2019


Author (Penulis)

ANDHI WIJAYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0117

Abstract

Pada tanggal 17 Oktober 2017 saat kegiatan ekstrakurikuler bola basket SMPN 2 Kauman Tulungagung ditemukan beberapa peserta ekstrakurikuler yang masih kurang dalam melakukan shooting, kekurangan ini bisa dilihat pada saat tes shooting dari semua peserta ektrakurikuler basket laki-laki yang berjumlah 27 anak, hanya 12 anak saja yang berhasil memasukkan bola kedalam ring. Dari segi prestasi, pada kejuaraan bola basket yang diikuti oleh pelajar tingkat pelajar menengah pertama, SMPN 2 Kauman Tulungagung hanya bisa masuk ke semi final, sedangkan target dari pelatih adalah sampai ke final. Kekurangan ini menjadi perhatian untuk bisa dimaksimalkan dengan menggunakan program latihan, seperti halnya meningkatkan latihan kekuatan otot lengan dengan memberikan program latihan ladder drill drill lateral push-up walk guna menunjang keberhasilan saat melakukan shooting. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan teknik penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung yang berjumlah dan 10 siswa putra yang di ambil menggunakan teknik total sampling, sehingga jumlah siswa putra yang berjumlah 10 anak. Instrumen yang di gunakan adalah tes shooting free throw yaitu shooting sebanyak 5 kali dari Saichudin (2018: 6). Analisis data di lakukan dengan menggunakan uji-t dengan signifikan 5%.

          Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Latihan ladder drill lateral push-up walk berpengaruh signifikan terhadap shooting bola basket di ekstrakurikuler basket putra SMPN 2 Kauman Tulungagung Tahun 2018/2019. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 6,091 dengan ttabel tingkat signifikan 5% df = 9 sebesar 2,262. Jadi thitung > ttabel dengan sig. 0,000 < 0,05, maka Ha diterima.Diharapkan dapat digunakan sebagai bahan masukan dan referensi bagi para pelatih dan pemain basket untuk dapat lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan latihan ladder drill lateral push-up walk dengan alat ladder drill sehingga mampu dalam melakukan shooting bola basket

 


Keyword

LATIHAN LADDER DRILL , SHOOTING

Reference

Budiwanto, Setyo. 2012. Metodologi Latihan Olahraga. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

 

Hadi, dkk. 2016. Pengaruh Latihan Ladder Drills Terhadap Peningkatan Kelincahan Siswa U-17 Di Persatuan Sepakbola Jajag Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Jasmani, Vol 26 No 1. Fakultas Ilmu KeolahragaanUniversitas Negeri Malang. (Online), tersedia: journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-jasmani/article/download/7748/3566  diunduh 30 Oktober 2018.

 

Khoeroen, N. 2017. Buku Pintar Basket. Jakarta Timur: Anugrah.

 

Nasehudin.T.S & Gozali, N. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

 

Salim, A. 2007.Buku Pintar Bola Basket. Bandung: Jembar.

 

Sajoto, M. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: IKIP       Semarang.

 

Setiawan, I. 2015. Pengaruh Metode Latihan Ladder 1 Feet Lateral Push-up dan Ladder 2 Feet Lateral Push-up Terhadap Kekuatan Dan Power Otot Lengan. Tesis. Surabaya. UNESA.

 

Yuliawan, D. & Putra, R.A. 2017. Statistika Dasar. Yogyakarta.


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade