HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN OTOT PUNGGUNG DENGAN KETEPATAN SMASH PADA SISWA PUTRA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER BOLAVOLI DI SMKN 1 PURWOASRI TAHUN 2018/2019


Author (Penulis)

MOCH.YOGA.SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0110

Abstract

Latar belakang penelitian ini saat peneliti melakukan observasi dalam kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMKN 1 Purwoasri diperoleh bahwa hasil smash peserta ekstrakurikuler sangat kurang, hal ini terlihat saat pertandingan uji coba dengan sekolah lain. Kemampuan smash yang tidak terarah, kurang cepat atau keras sehingga bola dengan mudah di-block oleh lawan. Dari hasil pembelajaran pun belum menunjukkan hasil yang optimal, sehingga kemampuan smash peserta ekstrakurikuler masih belum memenuhi sasaran dan perlu ditingkatkan. Maka dari itu, perlu ditelusuri faktor-faktor penyebabnya, apakah penguasaan teknik smash belum benar, kemampuan fisik belum memadai atau metode pengajaran yang dilaksanakan kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan kekuatan otot lengan, kekuatan otot tungkai dan kelentukan otot punggung dengan ketepatan smash bolavoli pada siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMKN 1 Purwoasri tahun 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, menggunakan metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dan sampel penelitian berfokus pada siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli sebanyak 16 siswa. Simpulan dari penelitian yaitu: (1) Ada hubungan kekuatan otot lengan dengan ketepatan smash sebesar 60,6%, (2) Ada hubungan kekuatan otot tungkai dengan ketepatan smash sebesar 55,9%, (3) Ada hubungan kelentukan otot punggung dengan ketepatan smash sebesar 55,9%. (4) Ada hubungan antara kekuatan otot lengan, kekuatan otot tungkai, dan kelentukan otot punggung dengan ketepatan smash sebesar 62,2%. Dari hasil penelitian disarankan bagi tempat penelitian diharapkan menjadi referensi penelitian dan menambah wawasan yang luas, bagi universitas/institusi diharapkan dapat menjadi wacana maupun bahan referensi penulisan dalam penelitian bidang olahraga, kepada peneliti selanjutnya dapat menjadi bahan untuk melakukan penelitian lanjutan dengan memasukkan variabel yang lain untuk menambah wawasan dalam bidang keolahragaan.


Keyword

kekuatan otot lengan, kekuatan otot tungkai, kelentukan otot punggung, ketepatan smash, ekstrakurikuler bolavoli

Reference

Ahmadi, Nuril. 2007. Panduan Olahraga Bolavoli. Yogyakarta: Eka Pustaka Utama.

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Harsono. 2006. Perencanaan Program Latihan. KONI Pusat. Jakarta.

Hidayat. 1998. Latihan Beban. Bandung.

Nenggala, Asep Kurnia. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Cetakan I. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Nurhasan. 2000. Tes dan Pengukuran Pendidikan Olahraga. Fakultas Pendidikan dan Kesehatan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

PP. PBVSI. 2005. Peraturan Permainan Bolavoli. Jakarta: PP. PBVSI.

Sajoto. 1995. Pengembangan dan Pembinaan Kekuatan kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Dahara Prize.

Sanusi, Arsyad. 2004. Otot-otot Manusia. Cipta Karya Satya : Yogyakarta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2020-02-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade