Hubungan antara Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai, dan Kelentukan dengan Akurasi Shooting pada Siswa Ekstrakurikuler Futsal Putra MAN 1 Kediri 2018


Author (Penulis)

MOCH. RIKHI ALFAJAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0109

Abstract

MOCH. RIKHI ALFAJAR : Hubungan Antara Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai, dan Kelentukan dengan Akurasi shooting pada Siswa Ekstrakurikuler Futsal Putra MAN 1 Kediri Tahun 2018, Skripsi, Penjaskesrek, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknik dasar futsal sangat membutuhkan peranan komponen kondisi fisik untuk menunjang pelaksanaanya, teknik yang dilakukan siswa ektrakurikuler futsal putra MAN 1 Kediri masih kurang baik, dapat dilihat ketika melakukan shooting persentase keberhasilannya sangat kecil dan arah bola tidak menemui sasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:(1) Adakah hubungan antara panjang tungkai dengan akurasi shooting pada siswa ekstrakurikuler futsal putra MAN 1 Kediri 2018? (2) Adakah hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan akurasi shooting pada siswa ekstrakurikuler futsal putra MAN 1 Kediri 2018? (3) Adakah hubungan antara kelentukan dengan akurasi shooting pada siswa ekstrakurikuler futsal putra MAN 1 Kediri 2018? (4) Adakah hubungan antara panjang tungkai, kekuatan otot tungkai dan kelentukan secara bersamaan dengan akurasi shooting pada siswa ekstrakurikuler futsal putra MAN 1 Kediri 2018?

Setiap penelitian yang dilakukan selalu mempunyai tujuan agar memperoleh gambaran yang jelas serta bermanfaat bagi yang menggunakannya. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui hubungan antara panjang tungkai, kekuatan otot tungkai dan kelentukan dengan akurasi shooting pada peserta ekstrakurikuler futsal putra MAN 1 Kediri 2018.

Dalam penelitian ini pendekatan yang dipergunakan adalah pendekatan kuantitatif. Hal ini digunakan karena data-data yang diperoleh berbentuk angka-angka. Sampel adalah sebagian untuk diambil dari keseluruhan obyek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi. Teknik penelitian ini menggunakan teknik total sampling untuk menentukan sampelnya. Peneliti memilih sampel dengan 15 siswa putra.

Berdasarkan hasil analisis data, deskripsi, pengujian hasil penelitian, dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa Ada hubungan antara panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, dan kelentukan dengan akurasi shooting pada siswa ekstrakurikuler futsal putra MAN 1 Kediri Tahun 2018.


Keyword

Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai, Kelentukan, Akurasi Shooting, Futsal

Reference

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Fenanlampir, Albertus & Muhyi Faruq, Muhammad. 2015. Tes dan Pengukuran dalam olahraga. Yogyakarta:  CV ANDI OFFSET.

 

John D. Tenang. 2008. Mahir Bermain Futsal, Dar Mizan, Jakarta.

 

Kemenpora. 2005. Panduan penetapan

parameter tes. Jakarta. Depdikbud

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2017. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Kediri. UNP Kediri

 

LhaksanaJustinus. 2017. Taktik dan Strategi Futsal Modern. Jakarta: Be. Champion.

 

Sajoto. 1998. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade