HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, PANJANG LENGAN, KEKUATAN OTOT TANGAN DAN POWER OTOT TUNGKAI DENGAN KEMAMPUAN SMASH BOLA VOLI PADA KLUB BOLA VOLI PUTRA JVC KARANGANYAR


Author (Penulis)

MUHAMMAD GUS MIFTAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0086

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan proses pembelajaran secara menyeluruh dan berkembang, dimana penjasorkes sebagai media untuk mendorong keterampilan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan, penalaran, dan penghayatan nilai. Penelitian ini bertujuan (1).Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan smash bolavoli pada klub bolavoli putra JVC Karanganyar? (2).Apakah ada hubungan antara panjang dengan kemampuan smash bolavoli pada klub bolavoli putra JVC Karanganyar? (3).Apakah ada hubungan antara kekuatan otot tangan dengan kemampuan smash bolavoli pada klub bolavoli putra JVC Karanganyar? (4).Apakah ada hubungan antara power otot tungkai pada kemampuan smash bolavoli pada klub bolavoli putra JVC Karanganyar? (5).Tes smash hanya menggunakan teknik open smash bolavoli? (6).Apakah ada hubungan antara kekuatan otot lengan, panjang lengan, kekuatan otot tangan dan power otot tungkai dengan keterampilan smash dalam permainan bolavoli pada klub bolavoli putra JVC Karanganyar.Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Objek Penelitian ini adalah atlet bolavoli JVC Karanganyar. dalam penelitian ini subyek sampel adalah pemain bolavoli putra di JVC Karanganyar Tahun 2018 sejumlah 25 atlet.Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1).Ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan smash JVC Karanganyar. Karena nilai signifikan sebesar 0,000  >  0,05 atau nilai rhitung  0,615 < 0,576 rtabel, maka H0 ditolak H1 diterima. (2).Ada hubungan antara antara panjang lengan dengan kemampuan smash JVC Karanganyar. Karena nilai signifikan sebesar 0,000  <  0,05 atau nilai rhitung 0,587 > 0,576 rtabel, maka H0 ditolak H2 diterima. (3).Ada hubungan antara kekuatan otot tangan dengan kemampuan smash JVC Karanganyar. Karena nila signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai rhitung 0,0879 < 0,576 rtabel, maka H0 ditolak H2 diterima. (4).Ada hubungan antara power otot tungkai dengan kemampuan smash JVC Karanganyar.  Karena nila signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai rhitung 0,910 < 0,576 rtabel, maka H0 ditolak H2 diterima (5).Ada hubungan antara kekuatan otot lengan, panjang lengan, kekuatan otot tangan dan power otot tungkai dengan kemampuan smash JVC Karanganyar. Karena nilai signifikan sebesar 0,722 < 0,05 atau nilai Fhitung 0,450 > 3,49 Ftabel, maka H0 ditolak H3 diterima. Besarnya kekuatan otot lengan, panjang lengan, kekuatan otot tangan dan power otot tungkai dengan kemampuan smash bolavoli pada klub bolavoli putra JVC Karanganyar sebesar 46,5% dan sisanya yaitu 53,5% dijelaskan variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

KATA KUNCI  : Kekuatan Otot Lengan, Panjang Lengan, Kekuatan Otot Tangan, Power Otot Tungkai Dengan Kemampuan Smash Bolavoli


Keyword

Kekuatan Otot Lengan,Panjang Lengan, Kekuatan Otot Tangan, Power Otot Tungkai, Smash

Reference

Soni Agus Saputro. 2016. Hubunganantarakekuatandayaledakotottingkai,kekuatanototlengandankekuatanototperutdenganketepatan smash dalampermainan bola voliekstrakuikulersiswasmp YBPK Sidorejo Pare. Skripsi. TidakDipublikasikan. Kediri. FKIP. UN PGRI KEDIRI.

Ardyansyah Prasetyadi. 2016. Hubungan Antara PanjangLenganKekuatanOtotLenganKoordinasi Mata-Tangan Dan DayaLedak Power OtotTungkaiTerhadapKemampuan Smash PesertaEktrakurikuler Bola Voli Putra TahunAjaran 2015/2016 SMA Negeri 8 PurworejoProvinsiJawa Tengah. Skripsi. TidakDipublikasikan. Kediri. FKIP. UN PGRI KEDIRI.

Lukman OT. 1994. Kinesiology : System Tubuh Yang DilibatkanDalamGerakan, Surabaya. University Press IKIP.

Soekarjo S., DKK, 1994, Teknik Dan TaktikPermainan Bola Voli, Surabaya, University Press IKIP.

FendiWahyuNugroho. 2018. Hubungan Antara KelentukanPergelanganTangan Dan Tinggi LompatanDenganHasil Smash Bola VoliPadaSiswa Putra SMP 1 PGRI Kediri, Skripsi,TidakDipublikasikan. Kediri. FKIP. UN PGRI KEDIRI.

DwiAyuKurniasari, 2018,HubunganKekuatanOtotLengan, kelentukanOtotTogok Dan Power Otot Kaki DenganHasil Smash Ekstrakulikuler Bola VoliSiswa Putra MAN 3 Kota Kediri,Skripsi, TidakDipublikasikan, Kediri, FKIP. UN PGRI KEDIRI.

Albertus Fenanlampir, DKK, 2015, TES DAN PENGUKURAN DALAM OLAHRAGA, Yogyakarta, CV ANDI OFFSET.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade