TINGKAT KESEGARAN JASMANI SISWA PUTRA KELAS VII DI SMPN SEDERAJAT SE-KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2018/2019


Author (Penulis)

EKO AQTHOENA ULFA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0085

Abstract

ABSTRAK

 

Eko Aqthoena Ulfa: Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Putra Kelas VII di SMPN Sederajat Se-Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri Tahun 2018/2019, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UN PGRI Kediri, 2014.

     Penelitian ini dilakukan karena di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa peserta didik tingkat SMP sederajat merupakan tahapan awal bagi perkembangan peserta didik menuju kedewasaan. Bagi peserta didik harus menciptakan peserta didik yang memiliki kesehatan jasmani maupun rohani yang baik namun tidak semua siswa memiliki tingkat kesegaran jasmani yang sama. Bagi siswa kesegaran jasmani sangat di butuhkan agar mampu mengikuti kegiatan belajar setiap hari dengan baik dan meningkatkan prestasi belajarnya.

     Permasalahan penelitian ini adalah (1) Seberapa baik tingkat kesegaran jasmani siswa putra kelas VII di SMPN 1 Ringinrejo, MTs Sunan Ampel, MTs 5 Kediri.

     Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa putra kelas VII Se-kecamatan Ringinrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik survey dan pengambilan data (tes).

     Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui survey dan pengambilan data di ketahui tingkat kesegaran jasmani siswa putra SMPN 1 Ringinrejo rata-rata memiliki kategori sedang. (2) melalui survey pengambilan data di ketahui tingkat kesegaran jasmani siswa putra MTs Sunan Ampel rata-rata memiliki kategori sedang (3) melalui survey dan pengambilan data di ketahui tingkat kesegaran jasmani siswa putra MTs 5 Kediri rata-rata memiliki kategori sedang.

     Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini di rekomendasikan : (1) Tujuan pembelajaran penjas untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kesegaran jasmani siswa. Oleh sebab itu guru penjas agar memberikan program aktivitas kesegaran jasmani sesuai norma untuk sekolah masing-masing untuk menjaga dan meningkatkan kesegaran jasmani siswa.

KATA KUNCI : Tingkat kesegaran jasmani


Keyword

TINGKAT KESEGARAN JASMANI

Reference

Fenanlampir, A. 2015. Tes dan Pengukuran Dalam Olahraga Yogyakarta. CV. Andi Offset.

Kusuma. A. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani. Skripsi. Yogyakarta. UNY.

Muhajir. 2007. Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Yudistira. bandung

Nasehudin. T.S & Gozali N. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Priambodo, A. 2013. Tingkat Kesegaran Jasmani Atlet Putra Bola Basket PPLP Jawa Tengah Tahun 2013. Skripsi. Semarang. UNNES.

Sujarwadi & Sarjiyanto. D. 2010 Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiastuti. 2015. Tes Dan Pengukuran Olahraga. Rajawali. Jakarta.

Wicaksono, Prayogi. 2013. Definisi Penjas Menurut Ahli.(Online) : Tersedia: http://olahragasport.blogspot.co.id/2013/06/definisi-penjas-menurut-ahli.html?m=1,

Winarsunu, T. 2015. Statistika Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. (7) .Malang :UMM press

Yuliawan, D & Putra, R.A. 2017. Statistika Dasar. Yogyakarta.


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade