HUBUNGAN KEKUATAN OTOT LENGAN, PANJANG LENGAN DAN KELENTUKAN PUNGGUNG DENGAN KEMAMPUAN SERVIS PANJANG DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA ATLET BULUTANGKIS PEMULA CLUB PB.TUNAS HARAPAN KAB. TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

RACHMAT KUKUH SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0081

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan kekuatan otot lengan dengan kemampuan servis panjang dalam permainan Bulutangkis pada atlet Bulutangkis Club PB. Tunas Harapan. 2) Hubungan panjang lengan dengan kemampuan servis panjang dalam permainan Bulutangkis pada atlet Bulutangkis PB. Tunas Harapan. 3) Hubungan kelentukan tubuh dengan kemampuan servis panjang dalam permainan Bulutangkis pada atlet Bulutangkis PB. Tunas Harapan. 4) Hubungan kekuatan otot lengan, panjang lengan dan kelentukan tubuh dengan kemampuan servis panjang dalam permainan Bulutangkis pada atlet Bulutangkis PB. Tunas Harapan.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah 36 atlit Bulutangkis pada atlet Bulutangkis pemula Club PB. Tunas Harapan tahun 2018. Sampel dalam penelitian yang digunakan seluruh populasi dengan jumlah 36 atlit dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada hubungan kekuatan otot lengan terhadap kemampuan servis panjang dalam permainan Bulutangkis pada atlet Bulutangkis Club PB. Tunas Harapan. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh rhitung = 0,431 dengan rtabel tingkat signifikan 5% N=36 sebesar 0,329. 2) Ada hubungan panjang lengan terhadap kemampuan servis panjang dalam permainan Bulutangkis pada atlet Bulutangkis Club PB. Tunas Harapan. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh rhitung = 0,461 dengan rtabel tingkat signifikan 5% N=36 sebesar 0,329. 3) Ada hubungan kelentukan punggung terhadap kemampuan servis panjang dalam permainan Bulutangkis pada atlet Bulutangkis Club PB. Tunas Harapan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh rhitung = 0,335 dengan rtabel tingkat signifikan 5% N=36 sebesar 0,329. 4) Ada hubungan kekuatan otot lengan, panjang lengan dan kelentukan punggung terhadap kemampuan servis panjang dalam permainan Bulutangkis pada atlet Bulutangkis Club PB. Tunas Harapan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis uji-F pada Ftabel dengan df (36-1 = 35 diperoleh nilai Ftabel sebesar 2,87 (taraf signifikan 5%). Dari hasil uji-F diperoleh nilai Fhitung = 5,751>Ftabel = 2,87 dengan sig. 0,003 <0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Berdasarkan kesimpulan penelitian ini disarankan bahwa:1) dapat dijadikan sebagai masukan dalam program latihan bulutangkis tentunya yang berkaitan dengan teknik servis panjang dengan ditunjang dari berbagai dari berbagai unsur yang mendukung diantaranya kekuatan otot lengan, panjang lengan dan kelentukan punggung karena kondisi fisik yang baik bagi atlet dapat mencapai prestasi yang bisa membanggakan jika memiliki kondisi fisik yang baik.


Keyword

Kekuatan otot lengan, panjang lengan dan kelentukan punggung

Reference

Herman Subardjah. 2011. Bulutangkais. Solo: CV Seti Aji.

 

Purnama, Sapta Kunta. 2010. Kepe-latihan Bulutangkis Modern. Surakarta: Yuma Pustaka.

 

Rusli Lutan. 1988. Belajar Ketrampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode. Departemen P&K Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta

 

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Pene-litian. Bandung: CV. Alfabeta.

 

Tony Grice. 2011. Bulutangkis: Petun-juk Praktis untuk Pemula dan Lanjut. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

 

Yuliawan D. 2017. Bulutangkis Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade