pengaruh metode pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw terhadap peningkatan lay up shoot bola basket pada siswa kelas 2 SMKM 1 Trenggalek tahun ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

REGANANDRA VERI PRADANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0072

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bola basket merupakan cabang olahraga yang makin banyak digemari oleh para masyarakat terutama oleh kalangan pelajar maupun mahasiswa.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw terhadap peningkatan lay up shoot bola basket pada siswa kelas 2 SMKM 1 TRENGGALEK 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan Eksperiment. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 34 responden.
Simpulan dari penelitian ini yaitu (1) Nilai pretest (tanpa menggunakan model pembelajaran) adalah sebesar 51,06. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam lay up shoot tanpa menggunakan model pembelajarankooperatif learning tipe jigsaw pada siswa kelas 2 SMKM 1 Trenggalek 2018/2019 dibawah KKM (<75).(2)Nilai kelas eksperimen memiliki peningkatan kemampuan siwa yang besar untuk melakukan lay up shoot setelah adanya model pembelajaran, yaitu nilai posttest sebesar 80,59. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam lay up shoot menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw pada siswa kelas 2 SMKM 1 Trenggalek 2018/2019 sama atau di atas KKM (>75). (3) Nilai signifikan (sig.) sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05, berarti bahwa ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw terhadap peningkatan lay up shoot bola basket pada siswa kelas 2 SMKM 1 Trenggalek 2018/2019.
Saran dalam penelitian ini yaitu disarankan kepada guru SMKM 1 Trenggalek untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, karena akan mudahuntuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakuka lay up shoot bola basket.


Keyword

a

Reference

Aji, S.2016. Buku Olahraga Paling Lengkap. Pamulang: Ilmu.
Amber, V. 2013.Petunjuk untuk Pelatih dan Pemain Bola Basket. Bandung: Pionir Jaya.
Chasanah, S.L.A.N. 2017. Perbedaan Keefektifan Antara Lay Up Shoot Melalui Papan Pantul Dan Lay Up Shoot Langsung Ke Ring Basket Pada Peserta Ekstrakurikuler Bola Basket Di SMA N 1 KARANGANOM KLATEN. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Dinata, M. 2008. Bola Basket. Ciputat: Cerdas Jaya.
Hadziq, K. 2013. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA-MA/SMK Kelas X. Bandung: Yrama Widya.
Khoeron, N. 2017.Buku Pintar Basket. Jakarta Timur: Anugrah.
Kosasih, D. 2008. Fundamental Basketball. Semarang: Karangturi Media.
Muhajir.2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Nasehudin. T.S & Gozali N. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Rahayu, E.T. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Salim, A. 2007.Buku Pintar Bola Basket. Bandung: Jembar.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Susanto, T. 2016. Buku Pintar Olahraga. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Tampubolon.2014. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.
Widiastuti. 2015. Tes Dan Pengukuran Olahraga. Rajawali. Jakarta.
Yuliawan, D & Putra, R.A. 2017.Statistika Dasar.Yogyakarta.


PUBLISHED

2019-07-26

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI