ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran penjasorkes kelas V di SDN Bajang 1 kecamatan Ngluyu khususnya senam lantai guling depan kurang berhasil karena kurangnya minat siswa pada materi senam lantai, siswa siswi juga kesulitan dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Dalam penelitian ini peneliti ingin meneliti menggunakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu pembelajaran kooperatif (cooperative lerning) tipe TAI (Team Assisted Individualization). Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TAI (Team Assisted individualization) dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas V SDN Bajang 1 Kecamatan Ngluyu? (2) Bagaimana upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan yang di alami siswa saat melakukan pembelajaran senam lantai guling depan ?. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN Bajang 1 Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 anak, semua terdiri dari laki-laki. Berdasakan rumusan masalah, rumusan hipotesis, dan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan hasil belajar senam lantai guling depan dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas V SDN Bajang 1 Kecamatan Ngluyu Tahun 2018.
KATA KUNCI : Guling Depan, Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization), Siswa Kelas V SDN Bajang 1 Kecamatan Ngluyu.
DAFTAR PUSTAKA
Hanief, Y., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60-73. doi:10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Huda, M. (2013). MODEL-MODEL PENGAJARAN dan PEMBELAJARAN. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Husdarta, H. (2009). MANAJEMEN PENDIDIKAN JASMANI. Bandung: Alfabeta.
Mahayuni, L. (2012). Penerapan Model Kooperatif (TAI) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Guling Senam Lantai. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 5.
Margono, A. (2009). SENAM. Surakarta: UPT Penerbit dan Percetakan UNS (UNS Press).
Suharsimi Arikunto, S. S. (2015). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jakarta: Bumi Aksara.
Wijanarko, I. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kebakkeramat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Skripsi.