UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) PADA SISWA KELAS V SDN BAJANG 1 KECAMATAN NGLUYU TAHUN 2018


Author (Penulis)

MAILITA SUSILOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0069

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran penjasorkes kelas V di SDN Bajang 1 kecamatan Ngluyu khususnya senam lantai guling depan kurang berhasil karena kurangnya minat siswa pada materi senam lantai, siswa siswi juga kesulitan dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Dalam penelitian ini peneliti ingin meneliti menggunakan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu pembelajaran kooperatif (cooperative lerning) tipe TAI (Team Assisted Individualization). Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TAI (Team Assisted individualization) dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai guling depan pada siswa kelas V SDN Bajang 1 Kecamatan Ngluyu?  (2) Bagaimana upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan yang di alami siswa saat melakukan pembelajaran senam lantai guling depan ?. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SDN Bajang 1 Kecamatan Ngluyu Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 anak, semua terdiri dari laki-laki. Berdasakan  rumusan masalah, rumusan hipotesis, dan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan hasil belajar senam lantai guling depan dapat meningkat dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas V SDN Bajang 1 Kecamatan Ngluyu Tahun 2018.

 

KATA KUNCI  : Guling Depan, Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization), Siswa Kelas V SDN Bajang 1 Kecamatan Ngluyu.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Hanief, Y., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60-73. doi:10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Huda, M. (2013). MODEL-MODEL PENGAJARAN dan PEMBELAJARAN. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husdarta, H. (2009). MANAJEMEN PENDIDIKAN JASMANI. Bandung: Alfabeta.

Mahayuni, L. (2012). Penerapan Model Kooperatif (TAI) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Guling Senam Lantai. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 5.

Margono, A. (2009). SENAM. Surakarta: UPT Penerbit dan Percetakan UNS (UNS Press).

Suharsimi Arikunto, S. S. (2015). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijanarko, I. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kebakkeramat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Skripsi.


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI