HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN, PANJANG LENGAN, KOORDINASI MATA DAN TANGAN DENGAN KETEPATAN SERVICE ATAS PADA SISWA PUTRA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMK PAWYATAN DAHA 2 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2018-2019


Author (Penulis)

HARYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0063

Abstract

   Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya service dalam permainan bolavoli, dimana service merupakan langkah awalan dalam memukul bola yang mana dapat berubah menjadi serangan mematikan jika pemain kurang mampu menguasai teknik service  sehigga bola tidak dapat melewati net. Service yang paling banyak dilakuakan oleh para pemain bolavoli saat ini adalah service atas Agar dapat melakukan gerakan-gerakan service atas dengan baik diperlukan kondisi fisik dan anatomis yang baik pula, seperti power otot lengan, panjang lengan dan koordinasi mata dan tangan.

Permasalah dalam penelitian ini adalah 1) adakah hubungan power otot lengan dengan ketepatan service atas? 2) adakah hubungan panjang lengan dengan ketepatan service atas? 3) adakah hubungan koordinasi mata dan tangan dengan ketepatan service atas? 4) adakah hubungan power otot lengan, panjang lengan, koordinasi mata dan tangan dengan ketepatan service atas?

Penelitian ini menggunakan teknik korelasional, dimana suatu penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas ekstrakurikuler bolavoli di SMK Pawyatan Daha 2 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 15 siswa, dengan menggunakan teknik total sampling maka jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment untuk pengujian hipotesi 1 sampai 3 dan korelasi ganda untuk pengujian hipotesis 4.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : 1) ada hubungan power otot lengan dengan ketepatan service atas pada siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMK Pawyatan Daha 2 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019 2) ada hubungan panjang lengan dengan ketepatan service atas pada siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMK Pawyatan Daha 2 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019 3) ada hubungan koordinasi mata dan tangan dengan ketepatan service atas pada siswa putra ekstrakurikuler bolavoli SMK Pawyatan Daha 2 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019. 4) ada hubungan power otot lengan, panjang lengan, koordinasi mata tangan dengan ketepatan service atas pada ekstrakurikuler bolavoli SMK Pawyatan Daha 2 Kediri Tahun Ajaran 2018/2019.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan kepada pelatih ekstrakurikuler khususya bolavoli untuk dapat meningkatkan ketepatan service atas pada permainan dengan memperhatikan power otot lengan, panjang lengan, koordinasi mata dan tangan.

 

KATA KUNCI  : power otot lengan, panjang lengan, koordinasi mata dan tangan, ketepatan service atas.


Keyword

Hubungan, sevice Atas, Bola Voli

Reference

Berutelstahl, Dieter, 2012. Belajar Bermain Bola Volley, Bandung : Anggun Ikari

 

Fenanlampir dan Faruq. 2015. Tes dan Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: Andi.

 

Hidayat, Witono. 2017. Buku Pintar Bola Voli, Jakarta Timur : Anugrah.

 

Mutohir, Toho Cholik. dkk, 2013. Permainan Bola Voli (Konsep, Teknik, Strategi Dan Modifikasi). Surabaya : Graha Pustaka Media Utama.

 

Riduwan, 2013. Dasar-dasar Statistika, Bandung: Alabeta.

 

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Widiastuti.2015. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta : Rajawali


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade