SURVEY SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI DAN SWASTA SE KECAMATAN NGANJUK TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

CHUSZAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0041

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi kurang lengkapnya sarana dan prasarana pendidikan jasmani di SMP Kecamatan Ngajuk untuk cabang-cabang olahraga. Hal ini mengakibatkan kurang berkembangnya potensi diri yang di miliki para siswa. Oleh karena itu  ketersediaanya sarana dan prasarana yang memadai di sekolah harus di perhatikan baik-baik oleh pihak sekolah dan guru mata pelajaran pendidikan jasmani. Permasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi sarana dan prasarana pendidikan jasmani tersedia di SMP Negeri dan Swasta Se- Kecamatan Ngajuk

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dimana penelitian yang menganalisis dan menyajikan fakta secara sistemmatik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 SMP Negeri dan 5 SMP Swasta Se-Kecamatan Ngajuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sarana dan prasarana pendidikan Jasmani di SMP Negeri Se-Kecamatan Ngajuk mampu memenuhi standar Peraturan Mendiknas RI tahun 2007 sebesar lebih dari 81%. Sedangkan sarana dan prasarana pendidikan Jasmani di SMP swasta Se-Kecamatan Ngajuk keseluruhan mampu memenuhi memenuhi standar yang telah ditetapkan yaitu Peraturan Mendiknas RI tahun 2007 sebesar 54,54%.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, satuan pendidikan yang memperoleh belum memenuhi standar terkait ketersediaan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga, agar dapat mengupayakan perbaikan untuk meningkatkannya, sehingga dapat mendorong kemajuan pendidikan jasmani dan olahraga pada satuan pendidikan tersebut.

 

 

KATA KUNCI  : sarana dan prasaranan pendidikan jasmani.

 


Keyword

survey, sarana, dan prasarana

Reference

Dodi. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 Tahun 2007 Tentang standar sarana dan prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Depdiknas

Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi: konsep, karakteristik dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2011.  Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Supandi. 1990. Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. IKIP Yogyakarta : Direktorat Jenderal Tinggi


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade