ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi ketidakpuasan peneliti beserta guru pjok ketika memulai membantu di sekolah tersebut, bahwa lapangan pembelajaran menendang bola (shooting) siswa kelas V SD Negeri 1 Plandaan, yang masih jauh dari harapan dan sampai saat ini belum pernah dilakukan modifikasi pembelajaran.Permasalaha penelitian ini adalah apakah melalui latihan menggunakan media bola spon dapat meningkatkan keterampilan menendang bola (shooting) dalam permainan sepakbola kelas V SD Negeri 1 Plandaan Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 1 Kecamatan Kedungwaru Plandaan Kabupaten Tulungagung Tahun 2018/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian ini pelaksanaan sebelum pembelajaran, pengamatan saat proses pembelajaran, pengamatan pendahuluan, pengamatan kegiatan inti, pengamatan kegiatan penutup, hasil penilaian dan refleksi. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan terjadi mulai siklus I dan siklus II yaitu hasil keterampilan menendang bola. Hasil belajar gerak dasar menendang bola siklus I diperioleh nilai rata-rata sebesar 30%. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil menendang bola sebesar 69%.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1)Guru pjok SD Negeri 1 plandaan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung untuk menggunakan modifikasi media bola spon sederhana sebagai alternatif inovasi pembelajaran pjok demi peningkatan hasil belajar di SD Negeri 1 plandaan Kecamatan Plandaan Kabupaten Tulungagung. (2) Pihak sekolah, dapat dijadikan refrensi untuk meningkatkan kinerja dalam rangka meningkatkan kinerja guru dalam rangka meningkatkan hasil pembelajaran disekolah. Dan dapat dijadikan motivasi bagi guru yang lain.(3) Siswa dalam setiap pembelajaran diharapkan dapat bersikap aktif dan antusias serta memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran, sehingga pembelajaran yang diikuti akan lebih bermanfaat.
KATA KUNCI : Peningkatan, Menendang Bola, Media Bola Spon.
DAFTAR PUSTAKA
Abdoelah, Arma (1981). Olahraga Untuk Perguruan Tinggi.Jakarta: Sastra Hudaya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Herwin.2004. Ketrampilan Sepakbola Dasar”Diktat.Yogyakarta : FIK.
Mctaggart. 1997. Teknik Dasar Bermain Sepak Bola, Solo, Tiga serangkai.
Muchtar. 1992. Olahraga Pilihan Sepakbola. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Sudijono. 1996. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Sugiarti, Titik. 1997. “Motivasi Belajar”. Jakarta: Cerdas Pustaka.
Sukatamsi, 1984. Teknik Dasar Bermain Sepak Bola, Solo, Tiga serangkai.
Oja dan Sumarjan, 1997. Perencanaan Pembelajaran. PT Rosdakarya, Bandung.
Wawan S. Suherman. 2008. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani. Yogyakarta. FIK UNY.