ABSTRAK
Frudy Dwi Pranata. Survai Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar PJOK Pada Siswa SMK PGRI Kota Madya Kediri, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2018.
Kata kunci : minat siswa, hasil belajar pendidikan jasmani
Penelitian ini dilatar belakangi fenomena minat belajar sangatlah penting ditanamkan guru kepada siswanya dalam pembelajaran, karena minat sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi usaha yang dilakukan seseorang karena dengan adanya minat akan menjadi faktor utama yang menentukan derajat keaktifan belajar siswa. Dengan adanya minat yang kuat akan menimbulkan usaha yang gigih serius dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi tantangan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa terhadap hasil belajar PJOK pada siswa kelas X SMK PGRI Kota Madya Kediri
Penelitian ini merupakan metode survei yang merupakan suatu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang ada Pendekatan peneitaian dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK PGRI Kota Madya Kediri yang berjumlah 994 siswa. Sampel diambil dengan teknik pengambilan sampel proportional dan didapatkan sebanyak 99 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat ekstrinsik lebih dominan dibandingkan dengan minat intrinsik dalam mempengaruhi minat belajar PJOK di SMK PGRI Wilayah Barat Kota Madya Kediri. Dimana pada minat intrisik terdapat 35% pada kategori sangat tinggi, sedangkan pada minat ekstrinsik terdapat 46% pada kategori sangat tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Bimo Walgito. (1997). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset
Degeng. 2001. Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Surabaya:Citra Raya
Djamarah. (2008), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Firmansyah, Helmi. 2009. Hubugan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal JPJI
Isjoni.2009:11. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung : Alfabeta
I.L.Pasaribu dan B. Simanjuntak. 1979. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito
Rafif Helmy Rahmawan 2015. Survey minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (studi pada siswa SMKN 1 Tanjunganom Kab.Nganjuk kelas XI tahun ajaran 2015/2016).
Risma Novita (2013). Survei Minat Siswa Siswi Dalam Pembelajaran Penjas Di SMP 3 Salamanta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Nineka Cipta
Sudijandoko, Andun. 2010. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suherman, Adang. (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara
Whiterington H. C. Terjemahan M. Buchoro. 1985. Pendidikan Psikologi. Bandung : Jemars
John Killis. 1988. Hubungan Minat Kerja, Motivasi Ekstrinsik dan Bimbingan dalam Pelajaran dengan Kecakapan Kerja Teknik Listrik Lulusan STM pada Industri-industri DIY. Tesis. Jakarta: Fakultas Pasca Sarjana IKIP Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.
Zenuwardianto. 2014. Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Gasang 1 Tahun Pelajaran 2014/2015