SURVEI MINAT SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNA RUNGU DENGAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS VII,VIII,IX SMP LUAR BIASA PUTRA ASIH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

BAGUS NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0020

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi fenomena masih ada siswa yang kurang semangat dalam mengikuti pendidikan jasamani, sehingga masih terdapat siswa yang tidak bisa mempraktikkan tugas dengan baik. Padahal minat siswa dapat mempengaruhi tentang hasil belajar dan prestasi siswa berkebutuhan khusus tunarungu di sekolah. Seorang siswa dengan minat yang tinggi pada pendidikan jasmani akan memberikan dampak positif terhadap dirinya yang berupa kesehatan dan kebugaran. Permasalahan dalam  penelitian ini adalah bagaimana minat siswa berkebutuhan khusus tunarungu dengan mata pelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas VII, VIII, IX  SMP Luar Biasa Putera Asih Kota Kediri Tahun Ajaran 2018/2019?

Penelitian ini merupakan metode survei yang merupakan suatu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian deskriptif untuk menggambarkan fenomena yang ada Pendekatan peneitaian dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah = seluruh siswa berkebutuhan khusus  tunarungu kelas 1, 2, dan 3 SMP Luar Biasa Putra Asih Kota Kediri tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 17 siswa. Sampel diambil dengan tekanik sampling jenuh didapatkan sebanyak 17 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.

Hasil  penelitian menunjukkan bahwa minat siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas VII, VIII, IX  Luar Biasa Putera Asih Kota Kediri tahun ajaran 2018/2019 diperoleh hasil persentase minat siswa 11,8% pada ketegori sangat tinggi, 17,6% pada ketegori tinggi 35,3% pada ketegori sedang dan 35,3%pada ketegori rendah. Dengan demikian minat siswa dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas VII, VIII, IX  Luar Biasa Putera Asih Kota Kediri tahun ajaran 2018/2019  pada kategori sedang dan rendah.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan bagi guru harus mampu menumbuhkan minat belajar siswa dengan meningkatkan faktor – faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa. Selain itu bagi sekolah untuk memfasilitasi pembelajaran pendidikan jasmani secara maksimal agar tujuan pembelajaran pendidikan jasmani dapat tercapai dengan maksimal.

KATA KUNCI  : Minat siswa berkebutuhan khusus tunarungu, mata pelajaran pendidikan jasmani


Keyword

Minat siswa berkebutuhan khusus tunarungu, mata pelajaran pendidikan jasmani

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Abdoellah, Arma. 1996. Pendidikan Jasmani Adaptif. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pendidikan Tenaga Akademik

Aqila, Smart. 2010. Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran dan terapi Praktis. Yogyakarta: Katahati

Arikunto, Suharsimi. 2010.  Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Belly, Ellya dkk. 2006. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntasi. Simposium Nasional Akuntasi 9 Padang

Depdiknas, 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud

Djamarah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dwi Purnawan, Hermawan Pamot Raharjo & Agus Pujianto. 2012 Tes Keterbelajaran Gerak IOWA. Journal of Physical Education, Sport, Healt and Recreation. Vol.1. No. 5. hal 221-226.

Firmansyah, Helmi. 2009. Hubugan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.  Vol 6, No. 1. hal 30-33

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19.  Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hadi, Sutrisno. 1991. Analisa Butir untuk Instrument. Edisi pertama. Andi Offset. Yogyakarta

Hamali, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Haryanto. 1998. Evaluasi Pelaksanaan Model Pendidikan Luar Biasa di SDLB Playen Gunungkidul dan Pengasih Kulonprogo. Jurnal Penelitian dan Evaluasi. Vol. 1. No. 1. hal 74 – 80.

Hurlock,Elizabeth.1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga

Indah, Entjang. 2000. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Bandung : Aditya Bakti.

M. Chabib Thoha dan Abdul Mukti.1998. PBM-PAI di Sekolah. Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Munawan. 2009. Hasil Belajar. Bandung : Kaifa

Novita, Risna. 2013. Survei Minat Siswa dalam Pembelajaran Penjasa di SMP Negeri 3 Salamantan. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Vol 2. No. 1. hal 1-15

Nugroho, Yoga Bagus. 2017. Survei Minat Siswa Tunarungu Pada Pendidikan Adaptif di SLB-B”Putera Asih” Keluhan Balowerti Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi.

Pasaribu dan Simanjutak. 1993. Pengertian Metode Pembelajaran. Jakarta : Pustaka Utama.

Pintrich, Paul R dan Dale H.Schunk. 1996. Motiation in Education, Theory Research, and Application.Ohio : Prentice Hall

Purwanto, Joko. 2004. Pendidikan Jasmani Setiap Hari yang Brekualitas: Sebuah Tantangan Penyelenggaraan Pendidikan Jasmani di Sekolah. Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan. Vol. 3 No. 2. hal 62-69

Riduwan, 2013. Dasar-dasar Statistika, Bandung: Alabeta

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Nineka Cipta

Slametto, 2003. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Nineka Cipta

Somantri, Sutjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Rafika Aditama

Sriwidati dan Murtadlo. 2007. Pendidikan Jasmani dan Olahraga Adaptif. Jakarta: Depdiknas

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade