HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, KEKUATAN OTOT PUNGGUNG, DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN KETEPATAN SMASH BOLA VOLI PUTRI PERVIK KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

SHINTA EVIIE CICILIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0007

Abstract

Peneliti ingin mengetahui seberapa besar hubungan antara kekuatan otot lengan, kekuatan otot punggung, dan daya ledak otot tungkai dengan ketepatan smash bola voli putri khususnya ATLET PERVIK. Bola voli juga termasuk jenis olahraga yang banyak mengandalkan fisik, maka kondisi fisik pemain sangat penting dalam menunjang efektivitas permainan. Dalam penelitian ini faktor kondisi fisik yang akan dikaji adalah kekuatan otot lengan, kekuatan otot punggung, dan daya ledak otot tungkai. Pada kenyatannya tingkat kondisi fisik dan anatomis seseorang berbeda – beda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kekuatan lengan , Kekuatan Otot Punggung , Dan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Ketepatan Smash Bola Voli Putri Pervik Kota Kediri. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena dalam penelitian ini terdapat beberapa kecenderungan karakteristik pendekatan kuantitatif., dan dianalisis menggunakan statistik untuk pengujian data menggunakan SPSS for windows v,20. Hasil penelitian ini diperoleh harga F perhitungan secara bersama-sama antara kekuatan otot punggung, kekuatan otot lengan, dan daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan smash sebesar 7,092. Sedangkan harga Ft (α = 0,05)(3/11) sebesar 3,59. Karena harga Fo lebih besar dari Ft, maka hipotesis yang menyatakan tidak ada hubungan antara kekuatan otot punggung, kekuatan otot lengan, dan daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan smash ditolak. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa ”ada hubungan antara kekuatan otot punggung, kekuatan otot lengan, dan daya ledak otot tungkai secara bersama-sama dengan kemampuan smashpada atlet putri pervik Kediri.


Keyword

Kekuatan lengan , Koordinasi otot punggung , Daya ledak otot tungkai dan Ketepatan smash bola voli

Reference

Ahmadi, Nuril. (2007). Panduan Olahraga Bolavoli. Era Pustaka Utama, Surakarta. Albertus fenanlampir & M. Muhyi Faruq, (2015). Tes & Pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: Andi offset. Amung Ma’mum Dan Subroto. (2001). Pendekatan Ketrampilan Taktis Dalam Permainan Bolavoli. Direktorat Jendral Olahraga Barbara, R., Hegner,Ehter.(2013). Asiten keperawatan suatu pendekatan proses keperawatan. Jakarta : Buku Kedokteran. Barbara Vierra. (2000). Bolavoli Tingkat Pemula. Jakarta. PT.Grafindo Persada.


PUBLISHED

2020-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade