ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peserta didik SD yang masih masa pertumbuhan kemampuan motorik yang membuat siswa bisa bermain dan memberikan kesempatan untuk menunjukan ketrampilan yang dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatakan penguasaan teknik dasar permaiann kasti pada pelajaran penjasorkes pada siswa di SD Negeri II Bangunmulyo kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2018/2019.
Dalam Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen pre-test post-test group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan VI yang berjumlah 36, dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes menangkap, memukul, melempar, sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik stastistik analisis uji t.
Hasil penelitian menunjukan (1) Ada perbedaan rata-rata penguasaan teknik dasar permaian kasti untuk menangkap dengan t-hitung = 1,984 > t-tabel 5%= 1.812, (2) Ada perbedaan rata-rata penguasaan teknik dasar permaian kasti untuk memukul dengan t-hitung = 2,466 > t-tabel 5%= 1,812, (3) Ada perbedaan rata-rata penguasaan teknik dasar permaian kasti untuk melempar dengan t-hitung = 3,259 > t-tabel 5%= 1.812.
Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa ada ada pengaruh pembelajaran menggunakan tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap penguasaan teknik dasar permainan kasti pada pelajaran penjasorkes pada siswa di SD Negeri II Bangunmulyo Kabupaten Tulungagung .
KATA KUNCI: Menangkap, Memukul, Melempar,.
DAFTAR PUSTAKA
Eka, P.G.I. 2013 .Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TGT Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sepakbola, Jurnal Pendidikan Jasmani,(Oline),https://ejurnal.undiksha.ac.id/index.php/jjp/article/view/1662
Herpandika, R.P. 2015. Kopetensi Guru Penjasorkes Kaitanya Dengan Hasil Belajar Siswa dan Persepsi Guru Non-Penjasorkes Dalam Pelajaran Penjasorkes di SMPN Se-Kota Kediri .Jurnal Pendidikan Jasmani, (Online),27.Tersedia:http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektore/article/view/206/126, di akses November 2017
Miftahul, H. 2014. Model-Model Pengajarandan Pembelajaran. Yogyakarta: PustakaPelajar
Moh.Nur Kholis,& M. firdaus. 2016. Permainan Bola Kasti. Program Studi: Penjaskesrek Universitas Nusantara Kediri
Nugroho, D.R. 2013.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (Teams Games Tournament) TGT Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bola Voli di Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Jasmani, (Online),http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2820
Slamet, Edy, S.M. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan PenjasOrkes. Jakarta: CV Adi Perkasa
Sugiono, 2013. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta,
Sugiono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatifdan R & D. Bandung: Alfabeta.
UN PGRI KEDIRI.2018. Pedoman Penulisan Skripsi: Tim Penyusunan Buku Pedoman Skripsi Program Sarjana Sastra Satu (S-1), Universitas Nusantara PGRI Kediri.