NILAI BUDI PEKERTI DALAM TEMBANG DOLANAN JAWA


Author (Penulis)

ABDUL WASIL KHODIRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0086

Abstract

ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa sastra memiliki ajaran nilai yang luhur. Dalam kehidupan, sastra sangat begitu dekat dengan masyarakat tetapi terkadang manusia kurang peka akan hal itu.  Sastra yang memiliki nilai budi pekerti yang luhur yaitu tembang dolanan Jawa. Tembang dolanan menjadi sebuah nyayian penghibur untuk anak-anak. Namun bukan sekadar menghibur, karya tembang dolanan Jawa dapat menjadi sebuah alat untuk menanamkan budi pekerti baik kepada anak-anak apabila orang tua mengetahui makna dan fungsi yang ada di dalamnya. Permasalahan penelitian ini adalah 1) bagaimanakah deskripsi makna dalam tembang dolanan Jawa 2) bagaimanakah deskripsi nilai budi pekerti dalam tembang dolanan Jawa, 3) bagaimanakah deskripsi fungsi nilai budi pekerti dalam tembang dolanan Jawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian. Penelitian ini dilakukan dari agustus sampai dengan desember 2018. Hasil penelitian ini adalah sebuah makna, nilai budi pekerti, dan fungsi dalam tembang dolanan Jawa. Dalam penelitian ini terdapat ajaran tentang kehidupan, tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin, bagaimana menjalani hidup yang sebenarnya, karena kebahagiaan tidak diukur hanya dengan harta duniawi, ada sesuatu yang harus dicari manusia. Selain itu dalam karya ini merefleksikan bagaimana tentang cara bersikap sebagai mannusia khususnya orang Jawa. Sikap manusia kepada Tuhannya, sikap kepada sesama manusia, sikap kepada dirinya sendiri, dan bahkan bersikap kepada alam. Semua sikap tersebut adalah sikap yang menggambarkan seorang manusia seutuhnya. Dari hasil kesimpulan dan implikasi dapat disarankan beberapa pihak yaitu 1) bagi pembaca hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pemahaman budi pekerti dalam sastra sudah ada sejak jaman dahulu, dalam hal ini adalah tembang dolanan Jawa, 2) bagi prodi bahasa dan sastra Indonesia hasil dari penelitian ini dapat menjadikan referensi baru tentang nilai budi pekerti dalam karya sastra, 3) bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat menambah referensi. Selain itu dengan adanya penelitian ini dapat menjadikan motivasi bagi peneliti baru agar mampu lebih kreatif dan inovatif.

 

KATA KUNCI  :Nilai budi pekerti, tembang dolanan


Keyword

Nilai, Budi Pekerti, Tembang Dolanan

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Amir, Adriyetti. 2013. Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: Andi.

 

Ariia, Ryouka. 2016. Kumpulan Lirik Tembang Dolanan Bahasa Jawa. (Online: http://jonesia-education.blogspot.com/2016/11/kumpulan-lirik-tembang-dolanan-bahasa.html ). Diakses: Oktober 2018.

 

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Dananjaja, James. 2002. Folklor Indonesia. Jakarta: Grafiti.

 

Dwidjosoebroto, K.O.S. 1992. Himpunan Lagu-lagu Dolanan Anak. Yogyakarta: Taman Kesenian Ibu Pawiyatan.

 

Endraswara, Suwardi. 2010. Foklor Jawa: Bentuk, Macam, dan Nilainya. Jakarta: Penaku.

 

Hardjasoebrata, R.C. dan Ki Hadisukatno. 1977. Kumpulan Lagu Dolanan. Yogyakarta: Taman Kesenian Tamansiswa.

 

Kaswardi, EM. K. 1993. Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

 

Kawsar, K. H. (2004). Teaching for tolerance, respect and recognition in relation with religion or belief. Diunduh dari: http://folk.uio/leirvik/OsloCoalition/Kouchok0904.doc. Diakses: Oktober 2018.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

 

Muhtadi, Ali. 2010. Strategi Implementasi Pendidikan Budi Pekerti yang Efektif di Sekolah. (Online). https://journal.uny.ac.id. Diakses: Oktober 2018.

 

Noniek Wiharny. 2019. Nilai Budi Pekerti di dalam Serat Margawirya Karya RMH. Jayadiningrat I. (Online). https://digilib.uns.ac.id. Diakses: Agustus 2018.

 

Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Masda University Press.

 

Riyadi. 1989.“Tembang Dolanan”  dalam Djaka Lodhang. No 22, hlm.24. Yogyakarta: PT Djaka Lodang Pers.

 

Rosyidi, Ikhwan dkk. 2010. Analisis Teks Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Sarwono, W. Sarlito. Meinomo dkk. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

 

Sedyawati, Edi. 1999. Pedoman Penanaman Budi Pekerti. Jakarta: Balai Pustaka.

 

Setyowati, Erna. 2009. Pendidikan Budi Pekerti Menjadi Mata Pelajaran di Sekolah. Semarang: UNNES.

 

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra: Analisis Struktur Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Subagya, Ki Sugeng. 2010. Pembelajaran Etika Berlalu Lintas. Artikel. Dalam majalah Gemari Tahun XI/Mei 2010.

 

Sudaryanto. 1990. Metode Linguistik: Ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Pers.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

 

Su'dadah. 2014. Pendidikan Budi Pekerti: Integrasi Nilai Moral Agama dengan Pendidikan Budi Pekerti. Jurnal Kependidikan: Vol II No. 1 Mei. Banyumas. hlm: 130-139.

 

Sumarna Cecep. 2017. Pengantar Tentang Teori-teori Nilai dan Etika. (Online: https://www.lyceum.id/pengantar-tentang-teori-nilai-dan-etika/ ). Diakses: 6 Oktober 2018.

 

Thoha, Chabib. 2006. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Yunus, Mahmud. 2007. Kamus Arab Indonesia. Ciputat. PT. Mahmud Yunus


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade