PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS CERITA DENGAN KARTU BERGAMBAR UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 3 REJOSO


Author (Penulis)

MIMIN SUHARYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0083

Abstract

ABSTRAK

Menulis merupakan keterampilan yang paling sulit. Hal itu dikarenakan, dalam menulis diperlukan beberapa kemampuan diantaranya menuangkan ide dan pemikiran. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilatih secara terus-menerus dengan bantuan media pembelajaran. Memanfaatkan media pembelajaran mampu mewadahi kebutuhan siswa yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun. Kartu bergambar adalah sebuah alat atau media belajar yang dirancang untuk membantu mempermudah dalam belajar. Media kartu bergambar ini terbuat dari kertas tebal atau karton berukuran 17×22 cm yang tengahnya terdapat gambar materi yang sesuai dengan pokok bahasan. Penelitian pengembangan kartu bergambar ini diharapkan dapat membantu mengasah kemampuan menulis cerita. Dengan demikian, “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Cerita Dengan Kartu Bergambar Untuk Kelas VII SMP” diharapkan mampu membantu siswa dalam proses pembelajaran penulisan cerita sesuai dengan cerita yang ditampilkan. Pengembangan menulis cerita dengan kartu bergambar tersebut memerhatikan isi, sajian, bahasa dan penggunaannya. Pengembangan tersebut disajikan dalam bentuk kartu bergambaryang ditampilkan menyerupai kalender.

Pelaksanaan penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research andDevelopment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, desaign. development, implement, evaluate). Model ini digunakan untuk berbagai macam bentuk pengembangan produk. Prosedur pengembangannya meliputi penetapan, pengembangan produk, dan pemantapan produk. Kegiatan validasi dilakukan agar mendapatkan produk yang maksimal. Validasi pertama dilakukan oleh ahli materi (dosen UN PGRI Kediri) terhadap materi pada media kartu bergambar. Penelitian pengembangan media pembelajaran kartu bergambar dilaksanakan di SMPN 3 Rejoso. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan media pembelajaran kartu bergambar ini menggunakan analisis deskritif kualitatif yaitu teknik analisis data yang dipergunakan untuk mengolah berbentuk kalimat komentar dan saran. Hasil analisis data berupa komentar dan saran merupakan hasil yang dikemukakan tim validator, praktisi, dan uji lapangan.

Hasil analisis uji kevalidan dari tim ahli, guru, dan siswa rata-rata mendapat skor 4 yang sesuai dengan kriteria maksimal. Keseluruhan penilaian juga mendapat keputusan produk siap pakai tanpa revisi dan sedikit revisi. Hasil angket siswa juga menunjukkan kesepakatan "ya" yang artinya baik materi, bahasa, isi, dan sajian telah disesuaikan dengan tingkat usia siswa maupun   Kesimpulannya, media kartu bergambar menulis cerita siswa telah mendapat persetujuan dari tim ahli dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Rata-rata siswa setuju dengan pertannyaan yang tersedia dalam angket.

KATA KUNCI  :kartu bergambar, menulis cerita.


Keyword

a

Reference

Arsyad, Anzhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Asfandiyar, Andi Yudha. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Bandung: PT Mizan Bunaya Kreativa

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer US

Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Irada, Sumardiah Nurul. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif Naskah Drama Berbasis Kontekstual Siswa Kelas VIII MTSN Nglawak Kertosono Nganjuk. UN PGRI Kediri: Kediri

Kemendiknas, 2011.Kurikulum Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta. Derektorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Lexy J Moleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Pres

 

Prapita, D. E. 2009. Efektivitas Media Kartu Bergambar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasa Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 1 Klaten Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi

Prihatin, Rahayu. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Kutipan Novel Remaja Berbasis Macromedia Flash Model Tutorial untuk Siswa SMP kelas VII. Makalah disajikan dalam acara Presentasi yang diselenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Surabaya Tanggal 20 Maret 2013. (Jurnal Online: Surakarta. Surakarta. http://etd.eprints.ums.ac.id//4258/2/a420050019.pdf, di akses: 27 April; 2017)

Resistia Friska. 2015. Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Cerita Biografi Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik Kelas VII SMP. (Jurnal Online: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka, di akses: 27 April 2017)

 

Sadiman, Arief S. dkk. 2012. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo.

Sadiman, Arief S. dkk. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo.

 

Sudjana, Galuh Cita. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algen Sindo.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algen Sindo.

Suharto, Teguh V. 2015. Pengantar Teori Belajar Pembelajaran Bahasa dan sastra Berbasis Pengalaman. Salatiga: Widya Sari Press.

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2011. Media Pembelajaran Hakekat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wicana Prima.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.

Yudhi Munadhi. 2008. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Pers.


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI