PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA ANEKDOT SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 KEDIRI TAHUN AJARAN 2018-2019


Author (Penulis)

DAWAMUL MUKAROM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0073

Abstract

ABSTRAK

 

            Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diberikan di berbagai tingkat sekolah, salah satunya adalah sekolah menengah kejuruan. Mata pelajaran ini memiliki aspek keterampilan berbahasa yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Salah satu keterampilan berbahasa yang perlu mendapatkan perhatian adalah keterampilan menulis. Keterampilan ini cenderung kurang diminati oleh siswa, perlunya konsentrasi yang tinggi membuat keterampilan menulis dirasa sulit bagi sebagian besar siswa. Agar pembelajaran berjalan dengan efektif maka memerlukan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya media pembelajaran yang yang sesuai adalah media film animasi. Media film animasi memiliki beberapa kelebihan antara lain memiliki gambar yang dapat bergerak dan juga suara yang jelas sehingga dapat menarik perhatian siswa.Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain pretes dan posttes. Seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Kediri berlaku sebagai populasi. Sampel penelitian ini adalah kelas X pemasaran 1 sebagai kelas eksperimen dan X pemasaran 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan kelas tersebut sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah, variabel bebas yaitu media film animasi dan variabel terikat adalah kemempuan menulis teks cerita anekdot. Berdasarkan penghitungan t-tes atau t hitung adalah 3,262 ≥ t tabel 2,390 pada taraf signifikan 1%. T hitung lebih besar dari t tabel sehingga signifikan. Hal ini menunjukan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

 

Kata Kunci  : Pembelajaran Menulis, Media Film Animasi, Kemampuan Menulis Cerita Anekdot.

 


Keyword

PEMEBELAJARAN MENULIS, MEDIA FILM ANIMASI, KEMAMPUAN MENULIS CERITA ANEKDOT

Reference

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bahri dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Airlangga.

Danandjaja, James, 1997. Foklor Indonesia, Ilmu Gosip Dongeng dan Lain-Lain. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti.

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Setia Indah.

Kemendikbud, 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Repulbik Indonesia.

Martin, Ricki. 2013. Anekdot Sebagai Sindiran Penguasa. Bandung: Yrama Widya.

Mutiah, Diana .2012. Psikologi Bermain Anak. Jakarta : Kencana Prenada Media Grub

Munadi, Yudi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Priyatni, Endah Tri. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Slamet, St.Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sufyanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryaman, Maman. 2009. Panduan Pendidikan Pembelajaran Bahasa Indonesia Depdiknas: Pusat Perbukuan

Susilana, Rudi. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Askara.

Wachidah, Siti. 2004. Pembelajaran Teks Anekdot. Jakarta: Departemen  Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjut Pertama.

Zulaeha, Ida, 2010. Pembelajaran Menulis Kreatif. Surakarta : Yuma Pustaka.

 

 

 

 


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade