PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS VII MTs. MUJAHIDIN SLUMBUNG KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ELSA ARISTANTYA APRILIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0068

Abstract

ABSTRAK

Elsa Aristantya Apriliani: Pengaruh Pengggunaan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskriptif Siswa Kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PBI, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran menulis paragraf deskriptif di MTs. Mujahidin Slumbung Ngadiluwih Kabupaten Kediri masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru, akibatnya suasana kelas menjadi pasif dan membosankan. Hal tersebut perlu pemakaian media pembelajaran yang menarik dengan tujuan siswa termotivasi untuk aktif dalam kegiatan belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media benda nyata.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan media benda nyata? (2) Bagaimana kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan media gambar? (3) Adakah pengaruh penggunaan media benda nyata terhadap kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain penelitian eksperimen (true exsperimental design). Adanya subjek penelitian siswa kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes tertulis yaitu dengan tes menulis paragraf deskriptif dengan media benda nyata dan menulis paragraf deskriptif dengan menggunakan media gambar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dengan menggunakan media benda nyata dinyatakan berhasil. Hal ini dapat dibuktikan perolehan nilai rata-rata kelas adalah di atas KKM (75) yaitu 79,19. (2) Kemampuan menulis paragraf deskriptif siswa kelas VII MTs. Mujahidin Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dengan menggunakan media gambar dinyatakan kurang berhasil. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas adalah di bawah KKM (75) yaitu 72,25. (3) Ada pengaruh penggunaan media benda nyata terhadap kemampuan menulis paragraf deskriptif pada siswa kelas VII  MTs. Mujahidin Slumbung Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan hasil perolehan t hitung 4,921 lebih besar dari t tabel  0,01 pada signifikan 1%.

 

 

KATA KUNCI  : Media Benda Nyata, Kemampuan Menulis, Paragraf Deskriptif.


Keyword

Media Nyata, Menulis, Paragraf Deskriptif

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akhadiah, Sabarti. 1997. Menulis 1. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Basuki & Farida. 2001. Media Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Danim. 1994. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Desriyani, Vera 2016. Penilaian Kemampuan Menulis Kaangan Deskriptif Siswa Kelas V A SD Negeri No.55/I Sridadi Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari. (online). tersedia: http://repository.fkip.unja.ac.id//, diunduh 20 September 2018.

Fahrizah, Mega. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V SDIT Az-Zahra Pondok Petir Sawangan Depok Tahun Pelajaran 2013/2014. (online). tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id//, diunduh 20 September 2018.

Finoza. 2008. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Yogyakarta: Intan Pariwara.

Fuad. 2009. Penggunaan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah. Yogyakarta: Ardana Media.

Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Heriyanto, Singgih. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD Negeri Gugus Kolopaking. (online). tersedia: File:///D:/SEMESTER%208/Bahan%20Skripsi/Singgih%20Heriyanto.pdf, diunduh 23 Oktober 2018.

Herry. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: UPI Press.

Honiarti, Euis & Kosasih. 2003. Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung:  Pustaka Setia.

Ibrahim & Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, Gorys. 2006. Komposisi. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Marwoto. 1987. Komposisi Praktis. Yogyakarta: Handinita.

Miyarso, dkk. 1994. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa. Jakarta: Gramedia.

Oktaviani, Rina, dan Rosdiana. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ciomas Kabupaten Bogor. (online). tersedia:  File:///D:/SEMESTER%206/Penelitian%20Bhs,%20Sastra,%20Pembel/investigasi%20K.pdf, diunduh 12 Oktober 2018.

Ridwan. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sadiman, A.S.1986. Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Semi. 1990. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Sudjana. 1992. Dasar-dasar Proses Belajar Megajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Sugandi, Achmad, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Prees.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

               . 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumantri & Permana. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana.

Tarigan, Henry Guntur. 2005. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

                                    . 2008. Menulis. Bandung: Angkasa.

Tim Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Wirasty, B.B.S. dan Zulfikarni. 2013. Kemampuan Menulis Laporan Perjalanan dalam  Bentuk Paragraf Deskripsi Siswa Kelas VIII  Semester I SMPN 3 X Koto Singkarak Tahun Pelajaran 2013/2014. (online). tersedia: File:///D:/SEMESTER%208/Bahan%20Skripsi/ina12.pdf, diunduh 15 November 2018.

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grafindo.

Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade