Aspek resiliensi dalam novel totto-chan gadis cilik di jendela


Author (Penulis)

WIYANTI OKTARINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0062

Abstract

ABSTRAK

Suatu karya sastra diciptakan bukan hanya sekedar sebagai hiburan bagi penikmat sastra. Melalui karya sastra penikmat sastra bukan hanya  sekedar memperoleh hiburan akan tetapi juga memperoleh manfaat-manfaat yang lain sebagai contoh. Novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi merupakan salah satu contoh karya sastra, novel yang merupakan kritikan terhadap kerasnya pendidikan di Jepang menarik untuk diteliti. Dalam novel tersebut banyak terdapat aspek-aspek psikologis, salah satunya adalah resiliensi yang mana tokoh utama cerita (Totto-chan) dapat mengatasi masalah-masalah psikologis melalui dukungan-dukungan dari keluarga, Guru (Mr. Kobayashi yang menjabat sebagai kepala sekolah sekaligus guru di Tomoe Gakuen), dan orang-orang sekitarnya.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana fungsi resiliensi dalam novel Totto-chan gadis cilik di jendela karya Tetsuko Kuroyanagi? (2) Bagaimana Aspek-Aspek Resiliensi dalam Novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi? (3) Bagaimanakah faktor-faktor resiliensi dalam Totto-chan Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologis dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun data-data dari penelitian ini adalah kutipan-kutipan dengan sumber data novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat kalimat dalam novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ditemukan data-data yang dimaksud yaitu fungsi resiliensi, aspek-aspek resiliensi, dan faktor-faktor resiliensi dalam novel Totto-chan Gadis Cilik di Jendela Karya Tetsuko Kuroyanagi.

 

 

KATA KUNCI  : fungsi resiliensi, aspek resiliensi, faktor yang mempengaruhi resiliensi. 

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akbar & Usman. 2009. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Alwi, Hasan,dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

 

Aminuddin. 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra.Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

_________ 2004. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung : Percetakan PT

Sinar Baru Algesindo.

 

Al Ma’ruf, Ali Imran. 2012. Stilistika: Teori, Metode, Dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Solo: Cakra Books.

 

Chritine, B. 2006. Resilience Determinant and Resiliance Procces.United States: M Graw Compani Inc.

 

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

 

Endraswara, Suwardi. 2003. Metodologi Penelitian Sastra (Epistemologi, Model, Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

 

Greeff, Annie. 2005. Resilience: &cia1 Skills for Efective Learning vo1.2. USA: Crown house publishing company

 

Grotberg, Handerson, 1999. Resilience for Today: Gaining From Adversity, USA: Greenwood Publishing Groub, Inc.

 

__________1995. A guide to promoting resiliency in children: Strengthening the human spirit. Early Chidhood Development: Practice And Reflections, 8.

 

__________1999. Tapping Your Inner Strength. Oakland : New Harbinger Publication, Inc.

 

__________1999. Tapping Your Inner Strength How To Find The Recilience To Deal With Anything. Canada: New Harbinger Publications, Inc.

 

Iskandar. 2006. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

___________2006. Metode Penelitian Pendidikan kualitatatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

 

Kartono, Kartini. 2003. Patologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

 

Klohnen, E.C. 1996. Conseptual Analysis and Measurement of The Construct of Ego Resilience. Journalof Personality and Social Psychology, Volume. 70         No 5, p 1067-1079.

 

Kirana, Widya. 2016. Totto-Chan: Gadis Cilik di Jendela.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

 

Kuroyanagi, Tetsuko. 1981. Madogiwa no Tottochan.   Kodansha international , Ltd.

 

_________1986. Totto-Chan Si Gadis di Tepi Jendela Madogiwa no Tottochan (diterterjemahkan oleh Nandang Rahmat). Jakarta: PT Pantja Simpati.

 

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

 

LaFramboise, & Teresa. D, et, al. (2006). Family, Community, and School Influences on Resilience among American Indian Adolescents In The Upper Midwest .34. 193- 209.

 

Luthar, S. S., & Zelazo, L. B. (2003). Research on resilience: An integrative review. In S.S. Luthar (Ed.), Resilience Adaptation in the context ofchildhood adversities (pp. 510 Cambridge Press).

              

Moeleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

 

Mulyana, Dedy.2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

 

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:Rineka Cipta.

 

Neenan, Michael. 2009. Developing Resilience a Cognitive Behavioral Approach. New York : Routledge.

 

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajah Mada University Pers.

 

 

Patilima, Hamid. 2015. Resiliensi Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

 

Pradopo, Rahmat Djoko. 2001. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.

 

Prayitni, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis.Jakarta: Bumi Aksara.

 

Ratna, Nyoman Kutha. 2016. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reich, John. W. et.al. 2010. Handbook Of Adult Resilience. New York: A Division of Guilford Publications.

 

Reivich, Karen & Andrew, Shatte. 2002. The Recilience Factor. New York: Broadway Books.

 

Reivich, K., & Shatte, A. 2002. The resilience factor: 7 Essential skills or overcoming life inevitable obstacles. New York; Broadway Books.

 

Robin. 2006. Enhancing Adaptation During Treatment and The Role of Individual Deffences. www.interscience.web.id.

 

Semi, Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya

 

Siebert, A. 2005.  The resilience advantage: Master change, thrive under pressure, and bounce back from setbacks.  California: Berrett-Koehler Publishers, Inc.

  

Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra : Analisis Psikologis. Surakarta : Muhammadiyah University Press.

 

Siswoyo, Dwi dkk. 2005. Psikologi Anak-anak. Jakarta: Rajawali.

 

Sudarto. 1995. Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumarjo, Yacob. 1979. Masyarakat dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Nur Cahaya.

 

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

 

________ 2006. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D . Bandung : Alfabeta.

 

Wellek, Rene dan Austin Waren. 2015. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

 


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI