Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana pada Siswa Tunarungu Kelas X di SMALB Dharma Wanita Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017-2018


Author (Penulis)

KARTIKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0052

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa pembelajaran menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu kelas X di SMALB Dharma Wanita Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2017 – 2018 masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton dan dapat mengakibatkan siswa tidak tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang diberikan guru belum maksimal. Anak tunarungu mengalami kesulitan dalam menerima materi secara abstrak, sehingga perlu adanya media atau benda konkret untuk membantu dalam proses pembelajaran salah satunya degan penggunaan media pembelajaran media gambar.

Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu kelas X di SMALB Dharma Wanita Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri sebelum menggunakan media gambar? (2) Bagaimana keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu kelas X di SMALB Dharma Wanita Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri setelah menggunakan media gambar? (3) Adakah pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu kelas X di SMALB Dharma Wanita Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,yang menggunakan data berupa angka – angka serta skor atau nilai untuk menunjukkan kemampuan siswa tunarungu dalam menulis kalimat sederhana. Teknik penelitian yang digunakan menggunakan tes, yaitu tes menulis kalimat sederhana dengan instrumen berupa soal uraian singkat.

Berdasarkan analisisdata dapat disimpulkan bahwa : (1) keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu kelas X di SMALB Dharma Wanita Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri sebelum menggunakan media gambar dinyatakan cukup. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai rata – rata siswa di bawah KKM (70) yaitu 66,25. (2) keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu kelas X di SMALB Dharma Wanita Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri setelah menggunakan media gambar dinyatakan baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata – rata adalah di atas KKM (70) yaitu 82,50. (3) ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis kalimat sederhana pada siswa tunarungu kelas X di SMALB Dharma Wanita Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan analisis statistik inferensial yaitu nilai uji hipotesis 0,9048 lebih besar dari rt 0,01 (0,8343) pada signifikan 1%.

 

Kata kunci: media gambar, keterampilan menulis, kalimat sederhana, tunarungu.


Keyword

media gambar, keterampilan menulis, kalimat sederhana, tunarungu

Reference

Abbas, Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

 

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar : Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta : PT.Rineka Cipta.

 

Ahmad, Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta : Quantum Teaching.

 

Alwi, Hasan. dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

 

Angkowo R. dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo.

 

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.

 

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran, Jakarta : Rajawali Pers.

 

Asyhar, Rayanda. 2012 . Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

 

Bunawan, L. dan Yuwati S.C. 2000. Penguasaan Bahasa Anak Tunarungu. Jakarta: Yayasan Santi Rama.

 

Chaer, Abdul. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia, Jakarta : Rineka Cipta.

 

Chaer, Abdul. 2015. Sintaksis Bahasa Indonesia : Pendekatan Proses, Jakarta : Rineka Cipta.

 

Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan . Jakarta : Rineka Cipta.

 

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis, Jakarta. Rajawali Pers.

 

Dibia Ketut, I dan Dewantara, I Putu Mas. 2017. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi, Depok : Rajawali Pers.

 

Djuanda, Dadan. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang komunikatif dan Menyenangkan. Jakarta : Depdiknas.

 

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta : Indeks

 

Efendi Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

 

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

 

Hamalik Oemar. 2013. Media Pendidikan, Bandung : Citra Aditya Bakti.

 

Karwono, dan Mularsih, Heni. 2017. Belajar dan Pembelajaran : Serta Pemanfaatan Sumber Belajar, Depok : Rajawali Pers.

 

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik (edisi ke-Empat), Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

 

Kustawan, Dedi dan Meimulyani, Yani. 2013. Mengenal Pendidikan Khusus dam Pendidikan Layanan Khusus Serta Implementasinya, Jakarta : PT. Luxima Metro Media.

 

Muarifin, Moh. 2017. Statistik untuk penelitian pendidikan, Nganjuk : Artindramaris.

 

Sadiman, Arief S. (dkk). 2014. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatanya, Jakarta : Rajawali Pers.

 

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Penerbit Alfabeta.

 

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

 

Winarsih, Murni. 2007. Intervensi Dini Bagi Anak Tunarungu dalam Pemerolehan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade