Aspek Psikologi Sosial Dalam Novel Sahabat Langit Karya Halimah Munawir


Author (Penulis)

NOUR SHELLA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.07.0046

Abstract

ABSTRAK

 

 

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek struktural dan aspek psikologi. Sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini adalah: 1) Memperoleh deskripsi aspek struktural yang meliputi tema, konflik, penokohan dan perwatakan, 2) Memperoleh deskripsi aspek psikologi sosial yang meliputi kelompok sosial, sikap sosial, dan prasangka sosial.

Adapun kegunaan penelitian ini bermanfaat bagi pembaca yakni penelitian ini diharapkan dapat memotivasi para pembaca untuk mengetahui dan memahami karya sastra secara mendalam khususnya bagi penikmat karya sastra yang akhirnya hal-hal yang baik dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Objek dalam penelitian ini adalah novel “Sahabat Langit” Karya Halimah Munawir.

Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh deskripsi sebagai berikut, terdapat tema mayor dan tema minor. Tema mayor ini menceritakan persahabatan, sedangkan minor yaitu kesabaran tanpa batas, kehidupan selalu berbeda, kenakalan remaja, persahabatan ,menjadi cinta, dan perjuangan dalam mencari kebenaran. Penokohan meliputi tokoh utama yaitu Terry.Tokoh pendamping yaitu Ibenk.Tokoh bawahan yaitu Utha, Byan, Boby, Papa, Mama.Tokoh figuran yaitu Dendy, David.Tokoh bayangan yaitu Mas Karyo.Perwatakan meliputi watak datar dan watak bulat.Tokoh berwatak datar yaitu.Terry, Bi Ros.Sedangkan berwatak bulat yaitu bobby. Konflik sosial tergambar dari hubungan

antar sesama tokoh yaitu, Ibenk dan Reno, Terry dan Reno. Konflik fisik terjadi antara geng de Krakatau deng geng Dearbob.Konflik batin yaitu, Bobby, Terry.

Sedangkan hasil aspek psikologi sosial dalam novel “Sahabat Langit” Karya Halimah Munawir yaitu tentang kelompok sosial, sikap sosial dan prasangka sosial.Analisis kelompok sosial dalam novel “Sahabat Langit” terdiri dari kelompok formal dan non formal.Kelompok formal ditunjukkan oleh kelompok anak sekolah yang dilarang memakai narkoba.Sedangkan kelompok non formal terdiri dari keluarga Terry dan penampilan Terry yang bois terkini.Analisis sikap sosial terdiri dari sikap positif dan sikap negatif.Sikap positif ditunjukkanTerry terhadap Utha, Bu Sukri dan Suami terhadap Bu Ika.Sedangkan sikap negatif ditunjukkan oleh Ibenk terhadap Bobby. Analisis prasangka sosial ditunjukkan oleh Terry terhadp Bobby.

 

KATA KUNCI: Aspek Struktural dan Aspek Psikologi Sosial.


Keyword

Aspek Struktural dan Aspek Psikologi Sosial

Reference

Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta : PT. RINEKA CIPTA

 

Endaswara, Suwardi. 2003. Metodologi penelitian sastra. Yogyakarta: pusaka Widyatama.

 

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung :  PT Remaja Rosdakarya

 

Munawir, Halimah.2014. Sahabat Langit. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

 

Nurgiyantoro, Burhan. 2004. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gajah Mada Universiti Press

 

Priyatmi, Endah Tri. 2010. Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis.

 

Jakarta : PT. Bumi Aksara.

 

Semi, M. Atar. 2000. Metode Penelitian Sastra. Bandung : Angkasa

 

Siswantoro. 2005. Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta :Muhammadiyah Universy Press.

 

Tarigan, Henry Guntur, 2000. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung : Angkasa


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade